Canggih! RS Unud Layani Pemecah Batu Ginjal Tanpa Operasi, Terima Pasien BPJS

  13 Januari 2023 KESEHATAN Badung

Rumah Sakit Universitas Udayana bulan Januari 2023 melakukan penambahan fasilitas layanan dengan menyediakan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jimbaran. Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud) selalu berusaha memberi pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat. Pada bulan Januari 2023, RS Unud melakukan penambahan fasilitas layanan dengan menyediakan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

ESWL merupakan pelaksanaan non-operatif atau tanpa operasi untuk memecahkan batu ginjal dengan menggunakan gelombang kejut (shock wave). Tindakan ESWL dapat dilakukan di RS Unud dibantu oleh Dokter Spesialis Urologi yaitu dr. Ida Bagus Putra Pramana, Sp.U dan dr. Pande Made Wisnu Tirtayasa, Sp.U(K), Ph.D.

Menurut dr. Pramana Putra bahwa proses ESWL dilakukan tanpa pembedahan dengan nyeri yang minimal dan tidak ada alat yang dimasukkan ke dalam tubuh. Namun batu ginjal akan pecah menjadi pecahan yang kecil, sehingga dapat keluar sendiri saat pasien buang air kecil.

Dr. Pande Wisnu menambahkan tindakan ESWL umumnya dilakukan pada pasien dengan indikasi batu ginjal berukuran <2cm dan tidak ada sumbatan di daerah distal batu. Saat ini, layanan ESWL di RS Unud telah melayani pasien umum, pasien dengan asuransi, hingga pasien BPJS yang memerlukan penanganan batu ginjal dan batu ureter.(BB). 

Sumber: http://www.unud.ac.id