Business Matching Ungkap Tips dan Langkah Jitu "How to Get One Million Dollars"

  06 Juli 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Selain menghadirkan para startup muda besutan Inkubator Bisnis (Inbis) STMIK Primakara, Business Matching yang digelar Kementerian Riset dan Teknologi (BRIN) melalui STMIK Primakara di Colony Creative Hub, Plaza Renon Denpasar, Rabu (6/7/2022) juga menggelar sharing berupa talkshow "How to Get One Million Dollars" yakni bagaimana cara mendapatkan satu juta dolar. 

Talkshow ini menghadirkan, PT Solusi Sakti yakni Co Pounder Putu Takumi Wijaya dan CEO, I Wayan Indra Adhi Suputra. Takumi Wijaya menjelaskan untuk mencari investor perlu persiapan, mulai dari persiapan dalam mencari pendanaan yang terdapat tujuh langkah, diantaranya konvensional, digital atau cara mudah lainnya, kemudian sisi izin badan usaha, sisi keuangan, kepemilikan saham, hibgga progres perusahaan, serta evaluasi.

"Kami dulunya proses awal memang masih konvensional tapi ada satu moment yang merubah maindset, untuk mencari feedback dan beralih digital," ucap Takumi Wijaya. 

Menurut Takumi Wijaya, selain memiliki badan usaha dan juga satu juta dolar tidak boleh lagi konvesional tapi progres yang menjanjikan. Tak hanya itu, lanjut Takumi Wijaya, ada beberapa tipe mulai dari angel, broker venture capital, inkubator/accelerator, dan alternatif. 

"Harus ada aplikasi, sehingga seksi dimata investor. Poin yang paling penting adalah membangun relasi yang berguna," jelasnya. 

Dalam kesempatan ini, Indra Adhi Suputra menambahkan, PT Solusi Sakti dibangun September 2020 untuk itu harus mental baja karena ada percepatan yang meneteskan keringat dan juga air mata. Setelah mendapatkan satu juta dolar bukan berarti langsung kaya. 

"Tidak seperti itu, karena uang itu masuk ke perusahaan. CEO juga terkadang harus menjadi Hub, menggabungkan pemilik saham untuk dipertemukan di satu titik," pungkasnya.(BB).