Bupati Tamba Tanam Bibit Bambu Petung Untuk Lelestarian Jegog

  18 Mei 2023 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Jegog sebagai salah satu seni di Kabupaten Jembrana keberadaannya patut untuk dilestarikan. Langkah pelestarian itu dilakukan melalui penanaman bibit bambu petung bantuan dari CSR Bank BPD Bali.

Sebanyak 250 bibit bambu petung ditanam Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama jajaran Bank BPD Bali di kawasan Manistutu Camping Ground (Mantu Cager), desa Manistutu, kecamatan Melaya, kamis (18/5). Selain bambu petung, juga ditanam 250 bibit manggis bantuan CSR Bank BPD Bali.

Usai melakukan penanaman, Bupati I Nengah Tamba mengatakan penanaman pohon bambu adalah bentuk pelestarian terhadap seni Jegog yang ada di Jembrana. Bersamaan juga menanam bibit pohon manggis sebagai upaya pelestarian hutan serta ketersediaan pangan (buah) dalam menyambut Jembrana Emas 2026. "Hari ini boleh saja kita beli bambu diluar Jembrana, tapi ketika nanti ini sudah tumbuh besar dan bagus kita tidak perlu keluar lagi untuk membeli bambu. Inilah salah satu bentuk kita dalam melestarikan Jegog itu sendiri," ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Bank BPD Bali yang senantiasa membantu kabupaten Jembrana. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga bersama apa yang sudah ditanam. "Mari kita bersama - sama menjaga serta merawat apa yang sudah kita tanam ini. Jika datang kesini bantu siram dan jaga dengan baik. Karena apa yang kita lakukan hari ini akan berdampak besar di masa depan untuk kelestarian hutan dan kelestarian seni budaya," ucapnya.

Sementara Direktur Operasional dan TI Ida Bagus Gede Setia Yasa mengatakan kegiatan tersebut serangkaian peringatan HUT BPD Bali ke - 61. "Ini juga bentuk sinergi kita dengan pemerintah Kabupaten Jembrana sebagai salah satu upaya mengimplementasikan kebijakan testimoni hijau melalui penanaman pohon. Semoga apa yang ditanam bisa tumbuh besar dan kuat. Kedepan juga kita harapkan tempat ini bisa menjadi destinasi wisata bagi kunjungan wisata kedepannya," pungkasnya. (