Bupati Suwirta Hadiri Sosialisasi Program KOTAKU dan Workshop Strategi Komunikasi

  22 September 2016 TOKOH Klungkung

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pembangunan Umum Provinsi Bali I Ketut Suarta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Klungkung I Wayan Wasta menghadiri Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dan Workshop Strategi Komunikasi Kabupaten Klungkung 2016 bertempat di UPT SKB Kabupaten Klungkung, Jalan Letda Ida Bagus Putra Desa Tusan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung, Kamis (22/9/2016).

 

Acara Sosialisasi KOTAKU dan Workshop Strategi Komunikasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pemukiman dan pencegahan kawasan kumuh. Dimana nantinya KOTAKU akan membentuk tim yang berjumlah 5 orang yang terdiri dari tenaga Ekonomi 1 orang, teknik 2 orang, Sosial 1 orang, Senior fasilitator 1 orang. Yang nantinya akan melakukan pendataan daerah kumuh yang berdasarkan kepada 7 indikator yakni, aspek hunian, air minum, limbah, sampah, drainase, pemadam kebakaran, jalan lingkungan serta program 100:0:100 (100 untuk air minum, 0 Kawasan kuwuh, dan lagi 100 buat sanitasi). Untuk Kabupaten Klungkung terdapat dua daerah dampingan, yakni di Kecamatan Dawan dan Kecamatan Klungkung.

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Klungkung I Wayan Wasta, selaku Ketua Panitia menyampaikan Tujuan Acara Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dan Workshop Strategi Komunikasi ini antara lain pemerintah daerah paham kebijakan dan strategi dalam pencegahan dan peningkatan Kualitas pemukiman kumuh, pemerintah daerah paham skema kerjasama program pusat daerah dalam pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh, adanya kolaborasi berbagai pihak dalam pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh, adanya strategi membangun jaringan komunikasi dan pengembangan media sosialisasi melalui Agen Sosialisasi, adanya komitmen bersama untuk bekerja sama dalam pelaksanaan program. Serta keluaran yang diharapkan sebagai berikut terbangun pemahaman tentang program KOTAKU, Desiminasi informasi tentang kebijakan dan strategi dalam pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh, memberikan pemahaman mengenai skema kerjasama program pusat daerah dalam pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh, Kolaborasi berbagai pihak dalam pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh, adanya strategi membangun jaringan komunikasi dan pengembangan media sosialisasi melalui agen Sosialisasi, dan adanya strategi komuniksi tingkat kabupaten.

 

Bupati Suwirta menyampaikan acara ini terlaksana untuk mendukung program 100:0:100. Pihaknya mengharapkan Desa agar serius menangani sampah yang terdapat di Desa secara serius, Bupati Suwirta menginginkan agar perangkat Desa segera menyampaikan gagasan dan idenya tentang kebersihan desa ke DKP dan Dinas Terkait lainnya.   

 

Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 80 orang peserta yang terdiri dari unsur SKPD terkait, para perbekel dan Lurah se-Kecamatan Klungkung dan Dawan, LSM, Akademisi, pemerhati Lingkungan, kantor Pertanahan serta Tim Konsultan KOTAKU dan para pelaku program. Materi yang disampaikan dalam Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dan Workshop Strategi Komunikasi yakni tentang Penanganan Kumuh di Provinsi Bali, Gambaran Umum Kotaku, Arah dan Kebijakan Penanganan Kumuh Kabupaten Klungkung, dan, materi tentang pengalaman sebagai praktisi pemerhati lingkungan. (BB)