Bupati Mas Sumatri Orang Pertama Di Karangasem Disensus Ekonomi

  02 Mei 2016 EKONOMI Karangasem

Humas Protokol Setda Kab. Karangasem

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Setelah dua bulan lima belas hari memimpin bumi lahar Karangasem, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri adalah orang pertama di Karangasem yang disensus ekonomi oleh Tim Badan Pusat Statistik (BPS) Karangasem, Minggu (1/5/2016) di kediaman Bupati di Kelurahan Subagan.

Tim Sensus Ekonomi 2016 (BPS) Karangasem yang berjumlah sembilan orang itu diterima langsung Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri didampingi Kabag Ekonomi Setda I Wayan Sutrisna dan Kabag Humas Protokol Setda I Made Supartha beserta staf, diterima di Ruang Pertemuan Kediaman Bupati Karangasem.

Perwakilan dari BPS Karangasem, Ibu Sulendrawati mengatakan tujuan dari sensus ekonomi 2016 adalah mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, sebagai lembaga bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan. Ditambahkannya, sensus ekonomi dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Adapun sensus ekonomi 2016 adalah sensus keempat, dimana akan dilaksanakan diseluruh wilayah NKRI dan mencakup semua aktifitas ekonomi dan skala ekonomi, kecuali sektor pertanian

“Setiap keputusan harus diambil berdasarkan informasi yang valid dan akurat. Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha.” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan sensus ekonomi 2016, dikarenakan sensus ekonomi tersebut sangat penting untuk mengetahui perkembangan ekonomi daerah hingga gambaran secara nasional. Dan Bupati pun menghimbau kepada semua pelaku usaha yang ada di Karangasem, baik perusahaan, rumah tangga instansi pemerintah, maupun lembaga nonprofit untuk ikut mendukung pelaksanaan sensus ekonomi tahun 2016 ini.

"Dengan sensus ini, maka akan diperoleh data yang akurat dan valid yang nantinya sebagai rujukan berbagai pihak termasuk pemerintah dalam menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan kedepannya," jelas Bupati Karangasem.

Setelah melakukan sensus di rumah bupati, tim sensus BPS Karangasem mendatangi kediaman Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa untuk melakukan hal yang sama. (Humas Protokol Setda Kab. Karangasem)