Bupati Bangli Buka Pesta Siaga Bisa, Pramuka Kwartir Ranting Bangli Tahun 2023

  12 Maret 2023 PERISTIWA Bangli

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Bangli. Dalam rangka membangkitkan kembali Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Bangli yang sempat terdiam akibat pandemi Covid 19, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka Pesta Siaga Bisa, yang ditandai dengan pemukulan kentongan (kulkul) bertempat di alun-alun Kabupaten Bangli, pada Minggu (12/3/2023) pagi.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar yang juga selaku KA Kwarcab Kabupaten Bangli, Pengurus Kwartir Cabang Bangli, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga I Komang Pariarta, Kapusdiklat Cabang Bangli beserta Pengurus, Kamabigus Se- Kwaran Bangli, Dewan Kerja Cabang Bangli, Pengurus Kwartir Cabang Bangli, Pengurus Kwartir Ranting Bangli, Pembina serta seluruh peserta Pesta Siaga.

Ketua Panitia Pesta Siaga I Wayan Mirsawan dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari Pesta siaga ini adalah untuk membangkitkan kembali Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Bangli yang sempat terdiam karena Pandemi Copid 19. “Gerakan Pramuka adalah ekstrakulikuler wajib yang diselenggarakan pada gugus depan masing-masing. Pesta siaga ini bertemakan "Cerdas Berkarakter Mandiri Gembira Bersahabat Berprestasi Inovatif Sehat Aktif (PESTA SIAGA BISA),” terangnya.

Wayan Mirsawan menambahkan bahwa kegiatan pesta siaga ini dilaksanakan dalam satu hari, dirangkaikan dengan kegiatan karnaval dan pameran hasil kerajinan tangan para peserta, serta beberapa kegiatan lainnya.  Pesta Siaga ini diikuti oleh 32 gugus depan SD dan 1 Gugus depan Mi yang tersebar di Kwartir Ranting Bangli Peserta hari ini berjumlah 35 Barung Putra dan 35 Barung Putri yang jumlah keseluruhannya kurang lebih 700 peserta didik. “Sumber biaya untuk Pesta Siaga ini adalah bersumber dari Dana BOS masing-masing gugus depan,” ujarnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi dan elemen yang terlibat dalam mensukseskan acara ini serta diharapkan kegiatan ini  dapat memupuk rasa persahabatan antar peserta. Berkompetisi yang baik sehingga mampu menghasilkan prestasi, berinovasi dan secara aktif bergerak maju untuk Nusa dan Bangsa.

Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta yang juga selaku Mabicab Kabupaten Bangli dalam sambutannya menyampaikan, menjadi pramuka disamping sebagai kurikulum wajib, juga sebagai salah satu kegiatan yang bisa membuat pengkaderan pemimpin melalui kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan.

“Kami sangat mengharapkan kepada pembina pramuka yang ada di seluruh gugus di Kabupaten Bangli, untuk serius dan mengaktifkan lagi kegiatan organisasi yang bertujuan untuk menjadikan anak didik kita siap untuk menjadi pemimpin dimasa depan. Semoga kegiatan ini menjadi momen yang baik  untuk saling berkomunikasi dan menjalin persahabatan antar gugus dan antar peserta,” tutupnya. (Rls/BB)