Bupati Bangli Buka Bimtek Sipanduberadat dan Lounching Penanaman Bunga Pucuk Bang

  30 April 2023 PERISTIWA Bangli

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka secara resmi Bimtek Sipanduberadat di Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, pada Minggu (30/4/2023).

Bimtek yang dipusatkan di Balai Banjar Adat Lumbuan tersebut juga dirangkaikam dengan lounching penanaman bunga pucuk bang diseluruh Desa Adat yang ada di kecamatan susut. Acara tersebut dihadiri oleh Camat Susut, Kapolsek Susut, Danramil Susut,Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Bangli,  Ketua MDA Kecamatan Susut, Para Perbekel, serta tokoh masyarakat.

Ketua Majelis Madya Desa Adat Kabupaten Bangli Ketut Kayana menyampaikan Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat atau yang dikenal sebagai Sipandu Beradat, merupakan wujud implementasi Perda Provinsi Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 26 Tahun 2020, tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat.

“Bankamda dan forum Sipandu Beradat merupakan bentuk kemitraan Polisi dengan masyarakat, yang memiliki komponen antara lain Bankamda, pecalang, linmas, dan komponen keamanan lainnya yang akan menjadi kekuatan baru untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat," ucapnya.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam Sambutannya dengan terbentuknya dan disosialisasikannya Sipandu Beradat ini di setiap desa diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan stabilitas kamtibmas yang kondusif, khususnya menjaga kekayaan desa adat yang didalamnya ada berbagai macam kegiatan adat, seni dan budaya. "Selain itu memberikan rasa keaman dan kenyamanan bagi para Wisatawan yang berkunjung  Dan semakin jelasnya dari tugas dan tanggung jawab masing - masing didalam memberikan keaman dan kenyaman," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, terkait lounching penanaman bunga pucuk bang, merupakan program Pemerintah Kabupaten Bangli dalam pelestarian bunga pucuk bang, yang mana pucuk bang merupakan maskot Kabupaten Bangli. "Kami mengajak seluruh masyarakat Bangli untuk bersama- sama menanam bunga pucuk bang di taman telajakan masyarakat, kantor pemerintahan serta sekolah yang ada di Kabupaten Bangli," katanya.

Selain itu, dalam rangka memperingati hari lahir Kabupaten Bangli yang ke 819, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Lingkungan Hidup juga melaksanakan lomba Gema Pucuk Bang Bisa. (Rls/BB)