Bunda PAUD Nyonya Sanjaya Dikukuhkan Wabup Sanjaya

  02 Juni 2016 PERISTIWA Tabanan

baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Tabanan. Dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan berkualitas diperlukan beberapa hal seperti kesejahteraan, wawasan, asuhan bimbingan, pendidikkan dan lain-lainnya. Untuk mewujudkan harapan tersebut dilaksanakan Gebyar PAUD  dan Pengukuhan Bunda Paud Kabupaten Tahun 2016, Rabu (1/6/2016) di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan.
 
Ketua TP-PKK Kabupaten, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, dikukuhkan secara langsung oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya sebagai Bunda Paud. Hadir pula pada kesempatan tersebut, anggota DPRD Kab.Tabanan I Nyoman Arnawa, Ketua WHDI Tabanan Ny.Putriningsih Wirna, Unsur Muspida dan SKPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.
 
Ketua Panitia I Putu Santika mengatakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Olah Raga Pemerintah Kabupaten Tabanan ini diikuti oleh anak usia dini yakni Taman Kanak-kanak, Kelompok bermain se-Kabupaten Tabanan dan anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Lima orang mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Tabanan.Dengan bertujuan antara lain, untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, orang tua dan pemangku kepentingan tentang pentingnya Paud dan perlindungan anak dan untuk sosialisasi, advokasi dan edukasi kepada anggota dan masyarakat umum dalam pengembangan program Paud dan kesejahteraan anak.
 
Santika menambahkan lembaga PAUD di Kabupaten Tabanan tahun 2016 berjumlah 429 lembaga Paud yang terdiri dari TK sebanyak 231, Kelompok bermain sebanyak 144 dan tempat penitipan anak sebanyak 15 dan satuan paud sejenis sebanyak 34.” Dengan adanya pendidikan pada anak di usia dini, kelak dapat mewujudkan anak Indonesia yang sehat cerdas, kreatif dan berakhalak mulia,” harapnya.
 
Sementara Wakil Bupati Tabanan mengatakan, masyarakat Tabanan sebagai bagian dari masyarakat Bali mempunyai komitmen yang sama untuk memberikan jaminan terpenuhinya hak-hak dan perlindungan anak yang merupakan hak asasi  manusia. Yakni hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, partipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya anak Indonesia yang sejahtera, berkualitas dan terlindungi.
 
Untuk menumbuhkan manusia berkembang dan berkualitas, maka pendidikkan sangatlah penting. Pendidian merupakan ajang pengembangan potensi diri, pengendalian diri, kepribadian, ahlak mulia dan kecerdasan. ”Maka diperlukan Penyelenggaraan Pendidikkan yang merata dan bermutu bagi seluruh bangsa serta menjamin penghapusan segala bentuk diskriminasi dan terlaksananya pendidikkan untuk semua”, jelas Sanjaya.
 
Dia juga menambahkan, upay mengembangkan potensi anak menjadi manusia yang berkembang dan berkualitas tidaklah mudah dan sederhana. Untuk mencapainya diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan terus menerus tanpa henti. “Karena dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sangat ditentukan oleh berbagai faktor yang seharusnya dimulai ketika terjadinya proses tumbuh kembang anak”, imbuhnya.
 
Dengan tema “Melalui Gebyar Paud Kita Sebar Luaskan Gerakkan Paud Berkualitas Demi terwujudnya Generasi Emas Bangsa yang Sehat, Cerdas dan Ceria agar sesuai dengan Visi Kabupaten Tabanan, Tabanan Serasi. Kita menyadari bahwa dalam pembangunan bangsa diperlukan fondasi yang kuat yang dibangun secara bertahap, secara hati-hati agar bangunan menjadi sangat kokoh. “Kita semua berharap melalui tema ini, fondasi yang kuat dan kokoh akan dapat tertanam pada anak-anak bangsa ini, yang kelak dikemudian hari akan menjadi generasi penerus yang cerdas, berkualitas dan bertanggung jawab”, Harap Sanjaya.(BB)