BLT Dana Intensif Daerah 2022 di Jembrana Cair, Salurkan Pada 1800 Orang

  15 Desember 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan BLT Dana Intensif kesalah satu warga

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Bantuan Langsung Tunai Dana Insentif Daerah Kabupaten Jembrana  Tahun Anggaran 2022  sebesar Rp 450 ribu di dicairkan.

Pencairan bantuan kepada Lansia, Disabilitas, Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE), Anak-anak yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Individu (Masyarakat) yang masuk Data DTKS Non Bansos yang belum pernah menerima bantuan. Bantuan itu terbagi di 5 kecamatan dari 51 Desa/Kelurahan di Jembrana, bantuan digelontorkan kepada 1800 Orang, sebesar Rp 150.000 perbulan selama tiga bulan ( Oktober-Desember 2022). Skema pencairannya itu secara tunai. 

“Bantuan yang disalurkan hari ini, merupakan bantuan Dana Insentif Daerah,“ kata Kepala Dinas Sosial , I Gusti Ketut Oka Parwata saat menghadiri penyerahan simbolis BLT Dana Insentif Daerah di Balai Lingkungan Asri Kelurahan Gilimanuk Kecamatan Melaya. Kamis (15/12). 

Dalam acara ini turut dihadiri  Bupati Jembrana I Nengah Tamba,  Para Camat se-Kabupaten Jembrana dan Lurah Gilimanuk. Adapun syarat penerima penerima bantuan belum mendapatkan baik dari pusat maupun daerah, serta memenuhi beberapa kriteria. Mulai dari Lansia, Disabilitas, Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE), Anak-anak yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Individu (Masyarakat) yang masuk Data DTKS Non Bansos. 

“Bantuan ini Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Jembrana Nomor 479/Dinsos/2022  tanggal 4 Oktober  2022  Tentang penetapan penerima bantuan sosial berupa bantuan sosial tunai uang yang direncanakan kepada individu yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial di kabupaten Jembrana tahun  2022, Adapun jadwal pencarian bantuan sudah kami kirimkan ke masing-masing perbekel, Lurah serta para Camat untuk mengawal proses pencairan pada wilayah masing-masing dan memastikan agar para penerima manfaat segera memanfaatkan bantuan tersebut secara optimal,”paparnya.

Sementara itu, Bupati Tamba mengatakan dampak dari kenaikan harga secara global dapat memberikan tekanan dan pengaruh secara signifikan terhadap daya beli masyarakat prasejahtera. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Jembrana Mengambil suatu tindakan preventif untuk melindungi dan meringankan beban bagi masyarakat Prasejahtera dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tamba usai Kick Off Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana DID Kabupaten Jembrana Tahun 2022. “Bantuan Sosial Tunai merupakan salah satu model dan strategi dalam memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat prasejahtera di Kabupaten Jembrana yang diarahkan untuk terciptanya ketahanan pada daya beli masyarakat prasejahtera kita,” ujarnya Bupati Tamba. 

Selain itu, Bupati Tamba juga mengingatkan kepada Kepala Dinas Sosial dan Para Camat agar memfasilitasi dan mengawal proses pencairan bantuan ini supaya dapat berjalan lancar dan tuntas sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

“Saya juga berterimakasih dan memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat sehingga BSU ini memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat prasejahtera dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan khususnya kepada Direktur Bank BPD atas dukungan selama ini kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana,” harapnya. 

Dihadapan para penerima manfaat BSU, Pihaknya berpesan agar segera dapat menggunakan BSU ini secara Optimal sehingga harapan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana dapat membantu menjaga Kondisi Ekonomi yang dimiliki oleh keluarga prasejahtera dari keterpurukan. 

“Selaku Bupati Jembrana, saya sangat berharap mudah-mudahan agar bantuan sosial tunai ini dapat bermanfaat bagi saudara sekalian. Sehingga Masyarakat Jembrana nantinya dapat mempersiapkan diri menuju Jembrana Emas 2026,” tandasnya.