Bertabur Prestasi dan Penghargaan, HUT Ke-33 BPR Kanti Raih Infobank BPR Award 2022

  27 September 2022 BISNIS Gianyar

HUT Ke-33 BPR Kanti Bertabur Prestasi dan Penghargaan Raih Infobank BPR Award 2022

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. BPR Sukawati Panca Kanti (BPR Kanti) pada Selasa, 27 September 2022 ini tepat berusia 33 tahun. Di hari ulang tahunnya yang dirayakan secara sederhana itu, berbagai prestasi dan penghargaan telah ditorehkan. Yang teranyar, BPR Kanti meraih penghargaan Infobank BPR Award 2022 untuk Kategori Bank dengan Predikat Kinerja Sangat Bagus.

Sebelumnya, pada puncak peringatan Hari Koperasi ke-75 BPR Kanti dianugerahi sebagai Bank Sahabat Koperasi karena telah melaksanakan fungsi Apex Bank bagi koperasi dalam hal memberikan modal kerja kredit untuk disalurkan ke anggota koperasinya, membantu mengatasi kesulitan likuiditas (liquidity mismatch), membuatkan produk bersama serta memberikan pelatihan kepada SDM koperasi (Capacity Building).

‘’Apa yang kami lakukan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini suatu tindakan yang sangat luar biasa. Semua itu didasari dari niat kami untuk membantu, melayani, dan berbagi dengan lembaga keuangan yang ada,’’ ucap Diretur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba, Selasa (27/9) usai merayakan Ultah BPR Kanti ke-33 di Gedung Pusdiklat BPR Kanti Batubulan Gianyar.

Lebih jauh Arya Amitaba mengatakan sehari sebelum puncak perayaan HUT ke-33, dilaksanakan kegiatan sosial donor darah bertempat di Gedung Pusdiklat BPR Kanti, Batubulan, Gianyar. Ia menjelaskan bahwa dalam situasi krisis akibat pandemi Covid-19, dimana lembaga keuangan seperti BPR dan koperasi kesulitan likuiditas, BPR Kanti membantu bagaimana menggerakkan perekonomian Bali dan satu-satunya kita harus membackup lembaga keuangannya.

‘’Terbukti dengan niat kami yang sungguh-sungguh membantu lembaga keuangan yang ada, kami membukukan kinerja yang sangat luar biasa. Kredit tumbuh 48 persen, asset tumbuh 52 persen, dana pihak ketiga tumbuh 30 persen dan ini pencapaian yang belum pernah kami capai dalam kondisi normal,’’ jelas Arya Amitaba.

Foto: Diretur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba

Di Hari Ulang Tahun BPR Kanti ke-33 pada Selasa, 27 September 2022 ini, BPR yang berkantor pusat di Batubulan, Gianyar ini berhasil membentuk kelompok Tabungan Arisanku dengan jumlah rekening yang bombastis sebanyak 1.999 rekening dengan total penghimpunan dana hampir Rp. 20 miliar atau tepatnya Rp. 19.990 miliar. Dan yang sangat membanggakan lagi, adalah terbentuknya kelompok tabungan ini tidak sampai 1,5 bulan.

Sementara yang lebih fenomenal lagi adalah yang membuka rekening tabungan ini tidak hanya berasal dari nasabah-nasabah BPR Kanti yang ada di Bali, namun juga ada dari luar Bali. Tak hanya diikuti nasabah perorangan namun juga dari kelembagaan baik BPR, koperasi, maupun badan usaha lainnya.

Nasabah perorangan maupun BPR ada dari Medan, Sumatra Utara, Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Solo, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Kalimantan Barat bahkan sampai ke Kalimantan Utara. Sehingga BPR Kanti seolah-olah dapat membentuk Tabungan Nusantara – NKRI.

Terbentuknya Tabungan Arisanku ini tentu tidak bisa dipungkiri sebagai dampak akibat langsung dari pelaksanaan Seminar dan Diskusi Hukum Nasional yang menghadirkan Dr. David Tobing selaku Ketua Komunitas Konsumen Indonesia, Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Denpasar Bali, Budi Adnyana, S.H., M.H., dan Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar Rudy Hartono yang sekaligus membuka acara Seminar/Diskusi Hukum Nasional tersebut.

Sebelum pelaksanaan Seminar/Diskusi Hukum Nasional itu, lanjut Arya Amitaba, kelompok tabungan ini baru terkumpul 1.300 rekening. Namun setelah pelaksanaan kegiatan tersebut dalam rentang waktu yang sangat singkat berhasil memenuhi kuota tabungan dimaksud yaitu sebanyak 1.999 rekening sehingga pelaksanaan kegiatan Seminar/Diskusi Hukum Nasional tersebut dapat dikatakan berdampak langsung terhadap pemenuhan kuota tabungan tersebut.

"Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun BPR Kanti dirayakan secara sederhana yang hanya melibatkan teman-teman media yang selama ini mem-backup sosialisasi informasi BPR Kanti kepada khayalak masyarakat luas,’’ terang Arya Amitaba.

Hal ini sebagai apresiasi telah terbentuknya Kelompok ArisanKU Periode ke-49 dengan 1.999 rekening yang terkumpul dana tabungan hampir Rp. 20 miliar atau tepatnya Rp.19.990 miliar.

‘’Namun kami selalu berharap ke depan bagaimana BPR Kanti selalu dirasakan keberadaan dan kebermanfaatannya. Tidak hanya bagi masyarakat perseorangan, UMKM, juga untuk industri lembaga keuangan lainnya yang bersinggungan dengan BPR Kanti,’’ harap Arya Amitaba mengakhiri.(BB).