Bersyukur Tangkapan Melimpah, Warga Air Kuning Rayakan Tasyakuran Petik Laut dan Lomba Jukung

  09 Agustus 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket Poto: Suasana lomba jukung di Desa Air Kuning

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Rasa syukur terlihat dari beberapa warga Desa Air Kuning saat menghadiri acara Tasyakuran Petik Laut yang dirangkai dengan Lomba Jukung. Acara tersebut juga merupakan acara untuk mempringati Tahun Baru Islam 1444 H.

"Acara ini merupakan rasa syukur kami sebagai nelayan selama setahun ini mencari nafkah di laut untuk mencari ikan dan mendapatkan hasil yang melimpah, serta dalam bekerja diberikan kesehatan dan keselamatan," terang Ketua Panitia Tasyakuran Petik Laut Air Kuning dan Lomba Jukung Tajri. Selasa (9/8/2022).

Kegiatan ini, lanjut Tajri, setiap tahun diadakan dan juga dirangkai dengan lomba jukung yang diikuti oleh 16 jukung dari masyarakat desa setempat yang berprofesi sebagai nelayan, selain itu lomba ini juga sebagai hiburan untuk masyarakat Desa Air Kuning.

Sementara salah satu peserta lomba jukung yang kerap disapa Udin mengatakan, dirinya sering ikut dalam perlombaan. "Biarpun tidak terus mendapatkan juara, saya bersemangat mengikuti setiap lomba, ini merupakan menjadi kebanggaan sendiri dan sebagau hiburan untuk masyarakat," terangnya.

Modalnya hanya semangat, kata Udin, semangat untuk menang, semgat berlomba dengan teman saling pacu di laut. "Rasanya sangat senang mas, dan puas menghibur masyarakat. Selama mengikuti lomba kesulitan yang dihadapi hanya angin. Jika cuaca bersahabat maka jukung melaju dengan cepat, karena jukung tergantung pada angin," pungkasnya. (BB)