Bersama OJK, ARW Gandeng Peradah Indonesia Gelar Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Ajak Masyarakat Buleleng Optimis

  03 Juli 2022 EKONOMI Buleleng

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Buleleng. Pandemi  covid-19 telah mengakibatkan terpuruknya perekonomian masyarakat Indonesia terutama Bali yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai penggerak perekonomian. Kebijakan Presiden Jokowi yang mengumumkan tes Swab PCR tidak lagi menjadi syarat apabila sudah melakukan vaksinasi secara lengkap akan mampu menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat setelah dua tahun lebih dilanda dampak pandemi covid-19.

Hal itu membuat Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) semakin konsisten tanpa henti hadir di tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban warga di masa pandemi Covid-19. Bekerjasama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Agung Rai Wirajaya (ARW) bersama DPP Peradah Indonesia melaksanakan kegiatan yaitu Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat Door To Door dengan tema "Pertumbuhan Ekonomi Nasional Bagi Masyarakat Indonesia" di Kabupaten Buleleng, Bali, pada Minggu 3Juli 2022.

Kegiatan berkesinambungan selama pandemi Covid-19 hampir tiga tahun ini bertujuan menjelaskan kebijakan OJK terkait Pertumbuhan Ekonomi Nasional dalam bentuk pemberian booklet kebijakan OJK RI. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional, dalam rangka pemulihan dan menjaga kestabilan ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

Sebelum petugas lapangan melaksanakan kegiatan penyuluhan secara door to door, bertempat di Jero Anyar Taman Prenem dilaksanakan acara pembekalan dan pelepasan petugas lapangan dari Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW).

Peserta aksi mulai ini sebanyak 550 orang yang terdiri dari masyarakat menengah ke bawah, petani dengan skala menengah ke bawah buruh harian pekerja serabutan supir ojek dan lainnya. Dalam kesempatan ini diserahkan juga paket sembako kepada warga untuk meringankan beban mereka di masa pandemi Covid-19.

Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali, I Gusti Agung Rai Wirajaya optimis ekonomi Indonesia dan Bali khususnya dapat bangkit dan pulih seiring dengan kembalinya dimulai event event internasional dan wisatawan domestik dan mancanegara mulai bergeliat kembali.

"Saya optimis ekonomi Indonesia dan Bali khususnya akan bangkit terlebih telah diumumkan oleh Presiden Jokowi bahwa tes swab PCR tidak menjadi syarat apabila sudah melakukan vaksinasi secara lengkap, hal tersebut tentunya akan meningkatkan minat masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan ke Bali baik untuk berwisata maupun bekerja," kata Agung Rai Wirajaya.

Anggota DPR RI tiga periode ini menyatakan pintu investasi juga telah dibuka lebar oleh Presiden Jokowi sehingga akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Politisi ramah yang kerap disapa ARW ini berharap usaha pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi ini dapat didukung oleh semua pihak agar nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya berharap usaha pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi ini didukung oleh semua pihak agar nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," harap anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Agung Rai Wirajaya mengucapkan sangat berterima kasih kepada mitra kerjanya , OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ) yang tidak henti - hentinya sejak tahun 2020 hingga saat ini pertengahan tahun 2022 selalu berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat dan sekaligus membantu meringankan beban masyarakat.

“Mari kita bergandengan tangan bersama-sama gotong royong mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional. Dan khususnya di Bali pariwisata sudah mulai perhalan bergeliat dan pulih serta semakin perekonomian kembali normal,” ajak politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini mengajak semua elemen masyarakat, pelaku usaha/dunia untuk bersama-sama bersinergi bergandengan tangan mendukung kebijakan pemerintah maupun OJK agar perekonomian nasional khususnya Bali segera bangkit dan pulih. Untuk itu, Rai Wirajaya berharap semua pihak harus berkolaborasi dan bersinergi keluar dari pandemi dan resesi ekonomi.

"Kita lakukan apa yang bisa kita lakukan, jangan menyerah. Sebab badai pandemi Covid-19 pasti berlalu, ekonomi akan segera bangkit dan pulih," harap Politisi senior PDI Perjuangan ini. 

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan lima Peraturan OJK (POJK) sebagai tindak lanjut kewenangan OJK dalam pelaksanaan Perppu No.1/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan pandemi Covid-19 dan/atau dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan. POJK ini untuk mendukung upaya menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong tetap bergeraknya roda perekonomian nasional.

Terdapat lima POJK yaitu POJK Tentang Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 Bagi Lembaga Jasa Keuangan Non Bank, POJK Tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka, POJK Tentang Pelaksanaan Rapat Umum Perusahaan Terbuka Secara Elektronik, POJK Tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha, dan POJK Tentang Perintah Tertulis Untuk Penanganan Permasalahan Bank.(BB).