Bersama BCA, Farmasi FMIPA Unud Gelar Kuliah Tamu Seminar Literasi Keuangan

  08 Agustus 2023 PENDIDIKAN Badung

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) untuk mengadakan kuliah tamu dengan tema, seminar literasi keuangan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Badung. Pada hari Selasa, 8 Agustus 2023 telah berlangsung Kuliah tamu tentang Seminar Literasi Keuangan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) untuk mengadakan kuliah tamu dengan tema, seminar literasi keuangan. 

Seminar tersebut dibawakan oleh dua pemateri yakni G.B. Wiku W. Wicaksono sebagai KCP Kerobokan Bank Central Asia dan Fita Efil Rafelina Siallagan sebagai CS Kerobokan Bank Central Asia. Seminar Literasi Keuangan ini dilakukan secara hybrid yaitu ada yang hadir secara offline bertempat di Gedung Dekanat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Lantai 3 dan ada yang bergabung secara online melalui aplikasi webex. 

G.B. Wiku W. Wicaksono memaparkan materi mengenai bijak mengelola keuangan, mengetahui siklus kehidupan keuangan, cara mengatur pengeluaran, dan tips untuk mendapatkan pendapatan, sedangkan Fita Efil Rafelina Siallagan memaparkan mengenai sosialisasi magang bakti Bank Central Asia. 

Program Magang Bakti BCA merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Bank BCA untuk merekrut talent terbaik dari lulusan SMA/SMK hingga Diploma yang memang berminat di dunia perbankan, tetapi belum memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang tersebut. 

Bank BCA memang rutin membuka program ini di setiap tahunnya. Benefitnya adalah akan mendapatkan pengetahuan mengenai program magang di BCA dan pemberian rekening gratis untuk seluruh peserta.

Dr. Eka Indra Setyawan S.Farm., M.Si. selaku koprodi farmasi menyampaikan bahwa mahasiswa farmasi memiliki kurikulum bahwa mahasiswa farmasi tidak hanya belajar di bidang farmasi saja, tetapi juga diberikan kesempatan untuk belajar di luar kompetensi mahasiswa farmasi. Mahasiswa dapat belajar banyak hal di luar farmasi yang sebagai ilmu dasarnya. 

Literasi keuangan ini penting tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi penting bagi semuanya memahami terkait pengelolaan keuangan secara baik, benar, dan bijak. Penting juga untuk mengenal berbagai macam jenis-jenis investasi supaya tidak salah berinvestasi. 

Dengan adanya kuliah tamu dengan tema literasi keuangan ini, diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang mengelola keuangan bagi semua orang. Koprodi farmasi mengucapkan terima kasih sudah dilakukan kuliah tamu ini. 

Harapan kedepan tidak hanya bertamu tetapi juga bisa menjadi mitra ke depan untuk proses pembelajaran dan lainnya. Dengan adanya kuliah tamu tentang literasi keuangan ini menjadi sangat terbantu tidak hanya dari segi materi, tetapi juga bisa membuka peluang-peluang yang bisa dikerjasamakan kedepan.

Selain itu, G.B. Wiku W. Wicaksono dari pihak BCA mengatakan literasi keuangan ini bersifat umum sehingga dapat dipelajari oleh semua orang termasuk mahasiswa farmasi. Disebutkan juga bahwa alangkah baiknya dari usia muda sudah diedukasi tentang kegunaan rekening, gerakan menabung saham, dan mengenal fitur-fitur keuangan itu seperti apa. Adapun pesan kesan dari pihak BCA bahwa mahasiswa dapat memulai berinvestasi dari sekarang dan bisa menyalurkan keuangan dengan benar.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3399-PS-Farmasi-FMIPA-UNUD-Gelar-Kuliah-Tamu-Seminar-Literasi-Keuangan.html