Berlangsung Seminggu, Pujawali Pura Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana Dimulai 9 Januari 2023

  30 Desember 2022 SOSIAL & BUDAYA Klungkung

Rangkaian upacara Pujawali Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana Punduk Dawa, Dawan, Klungkung.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Pemelaspasan bangunan Bale Agung yang berada di sisi utara di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Punduk Dawa pada Kamis, 29 Desember 2022 kemarin. Menandai dimulainya rangkaian upacara Pujawali Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana Punduk Dawa, Dawan, Klungkung.

Ketua Panitia Pujawali Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana Punduk Dawa, Dawan, Klungkung, I Made Jelada, ST didampingi Ketut Harimbawa selaku Tim Koordinator Punia dalam Pembangunan Bale Agung mengatakan bahwa bangunan tersebut memiliki fungsi sebagai genah linggih Ida Batara seperti Ida Batara Dadya-Dadya Agung atau Ida Batara Catur Parahyangan dan menjadi pelengkap keseluruhan area Pura.

"Diharapkan kehadiran para Semeton Pasek di Bali dan yang berada di seluruh Indonesia pada saat upacara Pujawali di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana pada 9 Januari 2023 mendatang," ucap Made Jelada.

Menurutnya, Upacara Pujawali akan dilaksanakan pada Senin, 9 Januari 2023 yang berlangsung selama 7 hari sebagai wujud Bhakti Pretisentana Pasek kepada Ida Batara Kawitan. Upacara agung tersebut dilakukan juga untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan serta dijauhkan dari segala bencana.

"Pembangunan Bale Agung ini menelan biaya sekitar Rp 500 juta yang merupakan dana punia dari semeton Pasek seluruh Indonesia yang dikoordinir salah satu panitia di bidang pembangunan. Selain itu, juga telah diselesaikan pemasangan batu candi di bagian halaman Pura yang merupakan sumbangan dari semeton PKK dari Kabupaten Buleleng yang menelan biaya sekitar Rp 150 juta," jelasnya.

Bahkan saat ini, juga sedang melakukan penataan genah pesimpangan Ida Batara Dalem Ped, Nusa Penida yang penyelesaiannya di antaranya mendapat sumbangan CSR dari Pertamina yang difasilitasi oleh I Nyoman Parta, anggota DPR RI, juga proposal sudah masuk ke Pemkab Tabanan, dan satu buah pelinggih sumbangan punia dari Nyonya Mangku Pastika. 

‘’Kami mewakili panitia pembangunan dan juga Pengempon Pura Punduk Dawa mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semeton dan semua pihak yang sudah lascarya dan srada bhakti memberikan punia untuk penyelesaian pembangunan Pura dan berharap srada bhakti semeton terus kita kuatkan karena masih banyak pembangunan yang harus diselesaikan,’’ tutur Made Jelada.

Adapun Puncak upacara Pujawali Pura yang dilaksanakan 9 Januari 2023 diikuti oleh seluruh pamedek Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MPGSSR) Provinsi Bali: Ida pandita Mpu nabe Dharma Winatha, geria taman bahdrika Sari, Antiga Karangasem, Perwakilan Majelis Luhur MGPSSR Bali penganyar pada Selasa, 10 Januari 2023 sampai dengan Minggu, 15 Januari 2023 Nganyarin lantur Nyineb Utamaning lan Utama Mandala (Pundukdawa).(BB).