Berkat 'Voluntourism' Sidhi Bayu Raih Gelar Doktor di Fakultas Pariwisata Unud

  14 Februari 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Fakultas Pariwisata Universitas Udayana kembali melahirkan seorang Doktor Pariwisata pada Sidang Terbuka Promosi Doktor untuk promovendus Sidhi Bayu Turker, SH., M.Par., yang dilakukan secara daring melalui Webex dan disiarkan langsung (live streaming) pada kanal youtube Udayana TV  pada Jumat, (11/2).

Bertindak sebagai Ketua Sidang, Dekan Fakultas Pariwisata, Dr. I Wayan Suardana, SST. Par., M.Par., bersama dewan penguji antara lain:  Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. (Promotor); Prof. Dr. Made Budiarsa, MA., (Kopromotor); Prof. Dr. Komang Gde Bendesa, M.A.D.E.; Prof. Dr. Ir. Made Antara, MS.; Prof. Dr. Ir. Syamsul Alam Paturusi, MSP.; Dr. Ir. A.A.P. Agung Suryawan Wiranatha, M.Sc.; Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., MMA., MA.; dan Dr. Putu Sucita Yanthy SS., M.Par.
Hadir pula penguji akademik antara lain: Dr.I Ketut Antara, SST.Par., M.Par.; Dr. I Made Bayu Ariwangsa, S.S., M.Par., M.Rech. dan Dr. Nararya Narottama, S.E., M.Par., M.Rech.
Sidang diawali dengan pemaparan disertasi oleh promovendus. Di hadapan dewan penguji, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul "Voluntourism sebagai Pariwisata Alternatif dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Bali”.

Promovendus menyoroti pertumbuhan wisatawan voluntourism di seluruh dunia sebelum pandemi Covid-19 menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Dalam situasi kondisi pemulihan pariwisata saat ini, minat wisatawan voluntourism yang ingin melakukan liburan sambil bekerja sosial dengan sukarela tidak berkurang tetapi pembatasan dan regulasi yang ada di berbagai negara telah membatasi keinginan mereka untuk menjadi wisatawan voluntourism.

Bali sebagai destinasi wisata internasional memiliki peluang untuk mengembangkan voluntourism yang saat ini semakin berkembang sebagai produk wisata. Atas dasar tersebut, peluang pertumbuhan wisatawan voluntourism memiliki potensi yang menjanjikan dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Bali.

Berdasarkan hasil risetnya, Sidhi menemukan bahwa persepsi wisatawan dan masyarakat  terhadap penerapan voluntourism di Bali memberikan hal yang positif karena memberikan manfaat bagi masyarakat; motivasi wisatawan menjadikan voluntourism sebagai pariwisata alternatif di Bali diterima baik karena dapat memadukan kegiatan liburan dan kegiatan kerja sosial yang beragam bersama masyarakat di seluruh Bali.

Selain itu, Voluntourism menjadi kekuatan baru sebagai pariwisata alternatif yang memberikan manfaat multi-effect secara nyata dan positif kepada masyarakat dan voluntourism dapat dijadikan sebagai strategi dalam mendukung pembangunan pariwisata berkelanjutan di Bali. Hasil akhir dari sidang, promovendus dinyatakan berhak menyandang gelar Doktor dari Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana.

Promovendus Sidhi Bayu Turker, SH., M.Par, merupakan dosen aktif di Universitas Dhyana Pura. Ia menamatkan pendidikan sarjana pada Program Studi Sarjana Hukum di Universitas Udayana dan gelar Magister diperolehnya di S2 Pariwisata Universitas Udayana.

Selain aktif menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Sidhi aktif menjadi narasumber di berbagai acara bergengsi yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwista Badung, seperti Pelatihan Pemandu Wisata alam Ekowisata (2021), Pelatihan Pemandu Wisata Alam Trekking (2021), dan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya Cagar Budaya Museum (2021).(BB). 
Sumber: http://www.unud.ac.id