Berkat Mangga Lokal Bali, Putu Suwardike Raih Gelar Doktor Ilmu Pertanian Unud

  26 Agustus 2022 PENDIDIKAN Denpasar

Putu Suwardike usai Ujian Promosi Doktor di Gedung Pasca Sarjana Kampus UNUD di Denpasar.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Putu Suwardike, dosen pengajar di Fakultas Pertanian Universitas Panji Sakti, Singaraja, berhasil mempertahankan disertasi yang berjudul “Studi Morfologi, Agronomi, Dan Molekuler Mangga (Mangifera sp.) Lokal Bali Sebagai Dasar Pengembangannya” pada Ujian Promosi Doktor di Gedung Pasca Sarjana, Kampus UNUD di Denpasar, Jumat (26/8/2022).

Ujian dipimpin oleh Dekan FP UNUD, Prof, Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, M.M dihadiri tim promotor yaitu Prof. Dr. ir. I Nyoman Rai , M.S. selaku Kopromotor, Prof. Dr. Ir. Rindang Dwiyani,M.Sc selaku Promotor I ,  Dr. Dra. Eniek Kriwiyanti, M.Si selaku Promotor II , serta 4 dosen penguji lainnya.

Disertasi yang ditulis oleh Putu Suwardike ini bertujuan untuk menemukan karakteristik morfologi, agronomi dan molekuler aksesi mangga lokal Bali, memperoleh dendogram keragaman dan hubungan kekerabatan aksesi mangga lokal Bali dan menemukan aksesi mangga lokal yang unggul secara morfologi dan agronomi, unik secara molekuler sera mempunyai potensi untuk dikembangkan secara varietas unggul baru.

Manfaat penelitian ini secara akademi diharapkan dapat memperjelas dan memperkuat teori tentang keragaman genetik, penilaian karakter dan hubungan kekerabatan antar aksesi mangga berdasarkan penanda morfologi, agronomi dan molekuler.

Manfaat praktisnya penelitian ini merupakan konservasi sumber daya genetik mangga lokal sebagai wahana pengembangan varietas unggul baru dan mendorong tumbuhnya bisnis baru dalam penyediaan tanaman mangga lokal.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1678-Putu-Suwardike-Raih-Gelar-Doktor-Ilmu-Pertanian-di-Fakultas-Pertanian-Unud.html