Berhiaskan Pita Magenta, Mahasiswa Baru FKH Unud Ikuti PKKMB

  14 Agustus 2022 PENDIDIKAN Badung

Berhiaskan Pita Magenta Mahasiswa Baru FKH Unud Ikuti PKKMB

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jimbaran. Sebanyak kurang lebih 150 mahasiswa baru mengikuti kegiatan PKKMB 2022 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lt. 4 Gedung Student Center, Universitas Udayana. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 10—11 Agustus 2022.

PKKMB 2022 FKH Unud mengusung sebuah tema yang menarik yakni "Membangun Karakter Insan Muda Veteriner yang Loyal, Mandiri, dan Berprestasi Menuju Generasi yang Profesional, Beretika, dan Berbudaya." Makna dari tema yang diangkat yaitu ingin membuat para mahasiswa baru menumbuhkan karakter yang loyal dan mandiri serta berprestasi untuk menjadi seorang dokter hewan yang nantinya mempunyai jiwa yang profesional dengan dilandasi oleh etika dan budaya.

Berdasarkan Buku Panduan PKKMB 2022, PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa baru merupakan suatu wahana untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Kegiatan PKKMB 2022 FKH Unud dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si., yang secara simbolis dilaksanakan dengan pengalungan name tag peserta kepada dua perwakilan mahasiswa baru FKH Unud.

Kegiatan pembukaan ini diikuti dengan pengenalan para pimpinan FKH, meliputi Dekan, Wakil Dekan I, II, III, Kaprodi, Direktur RSH, Kepala Departemen, Kepala LAB - UPIL, UP2M, UP3M, Teaching Farm, Kepala TU, dan Sub Koordinator.

Pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan sejumlah materi yang dibawakan oleh masing-masing pembicara yang mumpuni di bidangnya. Materi pertama yakni “Pengenalan Sistem Pendidikan Kedokteran Hewan FKH Unud”, yang disampaikan oleh Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si., selaku Dekan FKH Unud.

Beranjak ke materi selanjutnya, AKBP drh. Ketut Gede Bumin Jaya, MH, membawakan sebuah materi yang bertajuk “Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara”. Melalui pemaparannya, Ia mengingatkan seluruh mahasiswa bahwa kesadaran bela negara harus ditanamkan kepada seluruh warga negara untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi ancaman yang ingin mengganggu kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. AKBP drh. Ketut Gede Bumin Jaya, MH, juga menjelaskan tentang bagaimana contoh penerapan bela negara di kampus.

Kegiatan PKKMB 2022 FKH UNUD dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga yakni “Peran Kampus di Era Revolusi Industri 4.0 serta Motivasi dari Alumni” oleh Dr. drh. I Made Rai Yasa, MP. Saat ini, Ia merupakan Peneliti Madya sekaligus Kepala BPTP Bali. Dr. drh. I Made Rai Yasa, M.P., menjelaskan bahwa begitu banyak peran seorang dokter hewan bagi kehidupan manusia mengingat besarnya populasi hewan serta luasnya lahan di negeri Indonesia itu sendiri.

Mengingat luasnya lapangan pekerjaan bagi lulusan kedokteran hewan mulai dari praktik mandiri, bekerja di perusahaan pakan ternak, terjun di bidang politik, hingga menjadi Dokter hewan di TNI dan POLRI tentunya membuat kita bangga menjadi seorang veterinarian.

Berlanjut ke pemaparan materi selanjutnya yang mana disampaikan oleh Pejabat Fungsional Penata Penanggulangan Bencana dan Sub Koordinator Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Bali, Ida Bagus Gede Widnyana Putra, S.Kom, M.T., dengan materi “Manajemen Resiko, Tanggap Bencana dan Kampus Sehat”.

Kali ini, Ia menjelaskan mengenai bagaimana kondisi geologis pulau Bali, potensi bencana di Bali, definisi dan klasifikasi bencana, serta penanganan prabencana. Di samping itu, Ida Bagus Gede Widnyana Putra, S.Kom, M.T., juga memaparkan mengenai tiga pilar satuan pendidikan dan apa saja indikator program kampus sehat.

Sesi pemaparan materi selesai, kegiatan PKKMB dilanjutkan dengan Isbama, yaitu peserta akan beribadah sesuai dengan keyakinannya masing masing dan difasilitasi oleh panitia untuk melakukan ibadah. Setelah selesai beribadah, seluruh peserta kembali ke barisan masing masing. Setelah itu, panitia membagikan konsumsi kepada peserta.

Usai Isbama, masuklah ke sesi pengenalan PA dan diskusi pimpinan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Dr. drh. I Gusti Ngurah Sudisma, M.Si. Setelah itu, peserta diajak untuk  melakukan praktik penggunaan dan pengisian data SIMAK  yang diarahkan oleh Dewa Aries Prabowo Awanda P, S.Kom. Kegiatan selanjutnya peserta di mobilisasikan menuju Gedung FKH Unud untuk diperkenalkan dengan ruangan dan fasilitas yang ada.

Kegiatan PKKMB 2022 FKH Unud hari pertama ditutup dengan menyanyikan lagu Mars FKH Unud bersama-sama yang diakhiri dengan salam cinta vetro. Setelah itu, MC menutup acara dan seluruh peserta dipersilahkan untuk pulang dan istirahat agar dapat mempersiapkan diri untuk PKKMB hari kedua.

Kegiatan PKKMB masih berlanjut hingga 11 Agustus 2022. Pada hari ke-2 ini, para mahasiswa baru berkumpul kembali di Ruang Sidang Lt. 4 Gedung Student Center, Universitas Udayana. Dimana para mahasiswa baru diminta untuk mendengarkan materi yang akan dipaparkan dan pengenalan organisasi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Materi pertama dibawakan oleh Dr. drh. Hapsari Mahatmi, M.P., dengan materi mengenai pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektual dan anti kekerasan (anti perundungan). Beliau memberikan arahan untuk bisa terbuka dengan dosen mengenai masalah yang sedang dialami oleh mahasiswa sehingga dapat dibantu.

Lalu mengarahkan kepada mahasiswa agar bisa untuk menjaga diri dari tindakan pelecehan seksual. Jangan merasa takut jika tindakan yang dilakukan itu benar. Mengajak para mahasiswa untuk bisa lebih percaya diri dengan diri sendiri dan membangun karakter yang baik. Bagi para mahasiswa yang memiliki masalah dalam perkuliahan bisa untuk menghubungi beliau secara pribadi.

Selanjutnya pembahasan mengenai IMAKAHI yang dibawakan oleh Giovani Owen Girsang yang merupakan perwakilan dari anggota IMAKAHI tersebut. Penjelasan yang dilakukan mengenai seperti apa program kerja yang dilaksanakan. Lalu, anggota-anggota yang berada di IMAKAHI berasal dari berbagai mahasiswa seluruh fakultas kedokteran hewan yang ada di universitas di Indonesia.

Materi selanjutnya yaitu sharing alumni mengenai betapa pentingnya seorang mahasiswa untuk bergabung organisasi yang ada di FKH Unud. Karena dari sebuah organisasi, kita akan diajarkan untuk melatih sebuah tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan menambah sebuah relasi dengan orang lain. Selain itu juga, melatih untuk berani tampil di depan banyak orang.

Selanjutnya pengenalan organisasi atau senat dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana yaitu LPM SS yang dibawakan oleh kak Anisa sebagai pemimpin umum, DPM yang diwakilkan oleh kak Surya, dan BEM yang diwakilkan oleh Kak Marta. Tidak lupa juga, kegiatan selanjutnya adalah dengan memaparkan minat dan bakat yang terdapat di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana yang dapat diikuti oleh para mahasiswa.

Acara selanjutnya adalah sesi games yang dapat diikuti oleh seluruh peserta PKKMB. Lalu, dilanjutkan dengan bagian yang paling ditunggu-tunggu yaitu penampilan yel-yel yang telah disiapkan oleh para peserta PKKMB FKH Unud 2022. Setiap gugus diminta untuk maju satu-persatu sesuai dengan gugus yang dipanggil. Seluruh peserta terlihat sangat antusias dalam menampilkan yel-yel dari kelompoknya masing-masing. Setelah selesai penampilan dari seluruh gugus, dilanjutkan dengan pembacaan pemenang yel-yel.

Selama pelaksanaan kegiatan PKKMB Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, terdapat kendala yang dihadapi perlu dihadapi yaitu jarak kumpul barisan dengan lokasi PKKMB berlangsung karena para mahasiswa baru berkumpul di gedung parkir Universitas Udayana Kampus Sudirman. Lalu, kendala lain yaitu ruangan Student Center tidak memiliki AC yang membuat keadaan menjadi panas serta toilet yang rusak sehingga para peserta yang ingin ke toilet harus turun terlebih dahulu ke gedung sebelah.

Terlepas dari semua kendala yang terjadi, PKKMB 2022 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana telah berjalan dengan baik dan lancar. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru dapat memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran, dan kemahasiswaan yang ada di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1604-BERHIASKAN-PITA-MAGENTA-MAHASISWA-BARU-FAKULTAS-KEDOKTERAN-HEWAN-UNIVERSITAS-UDAYANA-SIAP-MENGIKUTI-PKKMB-2022-FKH-UDAYANA.html