Belasan KK Terisolir, Warga dan Babinsa Bangun Jembatan Darurat di Yehembang Kauh

  02 Desember 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Warga Banjar Sekar Kejula dibantu Babinsa sedang membangun jembatan darurat

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya - Jembrana. Warga Banjar Banjar Sekar Kejula Kelod Desa Yehembang Kauh Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana difasilitasi oleh Babinsa Yehembang Kauh membuat jembatan darurat pengganti jembatan plat deker yang hanyut dibawa banjir tempo lalu, bersamaan dengan Jembatan besar permanen penghubung Desa Yehembang Kauh dengan Desa Yehembang.

Akibatnya dari outusnya jembatan tersebut, 17 KK terisolir dan sampai sekarang warga beserta anak-anak sekolah masih yebrang lewat sungai. Pantauan awak media Jembatan yang dibuat oleh warga dan difasilitasi oleh Babinsa Yehembang Kauh terbuat dari kayu dan bambu dengan pendanaan secara swadaya masyarakat dan beberapa pihak lain yang ikut menyumbang.

Saat dikonformasi awak media Prebekel Yehembang Kauh I Komang Darmawan mengatakan, Itu merupakan swadaya masyarakat dan di fasilitasi oleh Babinsa agar bisa dipakai melintas warga yang terisolir sebanyak 17 KK. Bahan-bahannya merupakan swadaya dan ada beberapa sumbangan dari pihak lain  

"Jembatan tersebut dulunya menggunakan plat deker dikarenakan banjir terlalu besar jembatan tersebut ikut dihanyutkan banjir bandang bersamaan dengan putusnya jembatan besar. Dari desa belum bisa memberi anggaran dikarenakan akhir tahun, untuk membuat jembatan anggarannya tidak mencukupi," ucapnya. Jumat (2/12/2022).

Terkait dengan jembatan yang besar di Banjar Kejula penghubung Desa Yehembang Kauh ke Desa Yehembang, menurutnya, sampai saat ini belum ada kepastian, anak-anak sekolah masih turun nyebrang ke sungai.

Sementara Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja, S.Sos saat dikonfirmasi via whatsaap mengatakan, Babinsa sebagai aparat teritorial yang berada langsung ditengah masyarakat akan selalu hadir untuk memgatasi kesuliatan rakyal hal tersebut sebagai implementasi dari 8 wajib TNI.

"Ya contohnya seperti kegiatan Babinsa Yehembang Kauh untuk mengatasi kesulitan warga yang terisolir akibat jembatan putus, Babinsa memfasilitasi pembangunan jembatan darurat yang ada di Banjar Sekar Kejula, Desa Yehembang Kauh. Ini merupakan implementasi dari 8 wajib TNI," pungkasnya. (BB)