Bantu SMK PGRI 2 Badung, Dosen ITB STIKOM Bali Ciptakan "Learning Manajement System"

  22 Februari 2022 PENDIDIKAN Badung

Foto: Linda Santiari sedang memadu para guru menggunakan LMS.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Sejak pandemi Covid-19 telah membuat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terhambat, murid dan guru sudah sangat jarang bertemu karena KBM dilakukan secara online (dari rumah). Melihat kondisi tersebut, tim dosen ITB STIKOM Bali yang dipimpin oleh Ni Putu Linda Santiari, S.Kom., M.Kom., melakukan pengabdian masyarakat di SMK PGRI 2 Badung yang beralamat di Jl. I Gusti Ngurah Rai Gang Cempaka Putih No. 2A, Br. Delod Bale Agung, Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Di sini, tim dosen ITB STIKOM Bali melakukan pengembangan dan pelatihan penggunaan e-learning guna meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan LMS (Learning Manajement System) untuk mendukung KBM secara online.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke SMK PGRI 2 Badung untuk berdiskusi perihal kendala yang dihadapi saat KBM secara online. Dari diskusi tersebut, sekolah membutuhkan LMS (Learning Manajement System) mandiri untuk mendukung KBM secara online dan disepakati dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pengembangan dan pelatihan LMS (Learning Manajement System) mandiri oleh ITB STIKOM Bali pada SMK PGRI 2 Badung.

“Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini mengakibatkan penutupan sekolah sebagai tempat untuk melaksanakan KBM secara tatap muka. Dalam proses KBM secara online dibutuhkan suatu platform pembelajaran jarak jauh. SMK PGRI 2 Badung dalam KBM secara online sudah mempergunakan suatu platform pembelajaran jarak jauh namun penyimpanan data-datanya masih dilakukan oleh masing-masing guru. Untuk itu kami dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini mengembangkan LMS mandiri sehingga data-data KBM secara online pada SMK PGRI 2 Badung dapat tersimpan terpusat,” ungkap Linda Santiari di kampus ITB STIKOM Bali, Selasa (22/02/2022). 

Selain Linda Santiari, tim dosen pengembangan LMS mandiri ini adalah I Gede Surya Rahayuda, S.Kom., M.Kom. dan I Putu Ramayasa, S.Kom., M.Kom. Mereka dibantu oleh mahasiswa ITB STIKOM Bali Ni Putu Novi Sriwahyuni, Ni Komang Ayu Trinadi, A.A Gede Bagus Narotama Krishnarada Manohara. Pengembangan LMS ini menghasilkan sebuah platform pembelajaran dengan nama elearning-smkpgri2bdg.sch.id. Kegiatan pengabdian ini menggunakan dana hibah dari ITB STIKOM Bali serta patisipasi mitra yaitu SMK PGRI 2 Badung.

Pelatihan dilakukan kepada tim IT dan guru SMK PGRI 2 Badung perihal penggunaan website e-learning SMK PGRI 2 Badung. Kegiatan dilakukan secara luring dengan datang langsung ke SMK PGRI 2 Badung. Dalam pelatihan ini dilakukan dengan praktek langsung dimana guru mencoba langsung menggunakan e-learning dan mencoba fitu-fitur yang disediakan dalam e-learning.

Foto: Tim dosen ITB STIKOM Bali bersama para guru SMK PGRI 2 Badung. Linda Santiari (depan nomor 8 dari kiri).

Banyak fitur e-learning yang dicoba seperti penambahan topik dan materi pelajaran, penambahan tugas, pembuatan ulangan dan bank soal, serta pembuatan absensi online pada e-learning. Pendampingan penggunaan e-learning SMK PGRI 2 Badung akan dilakukan secara luring dan daring untuk memaksimalkan pemahaman dalam penggunaan e-learning bagi guru.

“Kolaborasi kegiatan yang kami rencanakan bersama mitra berjalan baik, dilihat dari antusias mitra dalam mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan serta praktek langsung penggunaan e-learning dan penerapan fitur-fitur e-learning. Kami berharap LMS ini dapat membantu proses pembelajaran pada SMK PGRI 2 Badung,” kata Surya Rahayuda, salah seorang anggota tim pengabdian.

Sementara, salah satu guru dan kepala SMK PGRI 2 Badung mengakui, kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan potensi guru dalam penggunaan e-learning SMK PGRI 2 Badung dan fitur-fitur di dalamnya.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru untuk mengembangan diri dalam bidang teknologi informasi dan saya harapkan tetap dilakukan pendampingan-pendampingan berikutnya,” ungkap Luh Putu Kurniawati, S.Kom selaku Kepala Program Studi Multimedia.

“Kami sangat berterima kasih kepada ITB STIKOM Bali, yang bersedia mengimplementasi serta menerapkan LMS di sekolah kami. Kami berharap dengan sistem ini, pembelajaran terhadap siswa kami semakin berkualitas baik luring maupun daring,” kata Drs. I Gusti Ketut Sukadana, M.Pd., Kepala SMK PGRI 2 Badung.(BB).