Bantu Polisi BERSEMI di 'Lahan Tidur', Gus Adhi: Polres Badung Sudah Sepantasnya Dapat Penghargaan dari Pemerintah Pusat

  22 April 2022 TOKOH Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Anggota DPR RI Dapil Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) pada Jumat (22/4/2022) menghadiri kegiatan panen raya tanaman pangan berupa terong dan jagung dalam Program Terobosan Kreatif POLISI BERSEMI (Polisi Berkebun di Masa Pandemi Covid-19) dan pengumpulan sampah plastik dalam Program WARUNG MENSAMPIK (Warga Beruntung Menabung Sampah Plastik) di Mengwi, Badung. 

Selain dihadiri Anggota DPR RI Dapil Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra), kegiatan panen raya di Subak Tungkub di Mengwi, Badung ini juga dihadiri Kapolda Bali, Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra dan Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes serta pejabat lainnya. 

Dalam kesempatan ini, politisi senior Partai Golkar yang akrab disapa Gus Adhi ini menyampaikan apresiasinya atas langkah dan upaya yang dilakukan korps baju coklat ini selama pandemi Covid-19. 

“Kegiatan ini salah satu upaya Polri dalam mendekatkan diri ke masyarakat sekaligus menjaga Kamtibmas,” ucap Gus Adhi yang dikenal sebagai wakil rakyat yang "seken-seken (bener-bener), saje-saje (sungguh-sungguh), beneh-beneh (serius) ini. 

Tokoh Kerobokan dengan spirit perjuangan “Kita Tidak Sedarah Tapi Kita Searah" ini menegaskan ketahanan pangan terbentuk seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Gus Adhi mengakui penguatan ekonomi sudah tentu akan berimbas pada situasi yang diciptakan yakni kondusifitas. 

“Polri hadir dengan penguatan dari sisi ekonomi tentu saya juga berharap ketahanan pangan terbentuk seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan apa yang dilakukan Polri, khususnya Polres Badung sudah sepantasnya mendapat penghargaan dari pemerintah pusat,” terang Gus Adhi yang dikenal sebagai wakil rakyat “Amanah, Merakyat, Peduli” (AMP) ini. 

Sementara, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes mengatakan upaya ini berawal dari pandemi Covid-19, dimana pariwisata Bali betul-betul terpuruk sehingga muncul inisiatif untuk memanfaatkan 'lahan tidur' yang ada di wilayah Kabupaten Badung. 

“Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari strategi jangka panjang kita dalam menghadapi Covid-19,” kata Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes. 

Kapolres Badung memandang, meskipun Bali sudah membuka pintu pariwisatanya, namun kegiatan semacam ini jangan sampai ditinggalkan. Ia berharap seiring bergeraknya sektor pariwisata, sektor pertanian pun bisa bertumbuh seiring sejalan. 

“Asset yang tidak bergerak, jika tidak dikelola maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Kita berharap program ini bisa dilakukan secara keberlanjutan, tentu bersinergitas dengan berbagai pihak,” harapnya. 

Untuk diketahui, keberhasilan panen raya tanaman pangan berupa terong dan jagung dalam Program Terobosan Kreatif POLISI BERSEMI (Polisi Berkebun di Masa Pandemi Covid-19) tak bisa lepas dari peran Anggota DPR RI Dapil Bali, A A Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) atau Gus Adhi yang sebelumnya telah memberikan kontribusi sebagai sumbangsihnya untuk kegiatan Polisi Berkebun.

Hal ini terbukti dimana Gus Adhi membantu dalam pengolahan awal menggunakan 2 unit traktor roda dua dan 1 unit cultivator, tapi hasilnya tidak maksimal karna tanahnya sangat liat akibat kekurangan zat asam.

Mensiasati hal tersebut akhirnya Gus Adhi menggantikan dengan 2 unit traktor roda 4 sehingga baru tanah bisa diolah. Selain itu, Gus Adhi sudah menyumbangkan kurang lebih 1000 kilo gram pupuk kompos dan pupuk cair Mol (N & P).(BB).