Bali Tuan Rumah Konferensi Perlindungan Hak Anak Tingkat Asia 2016

  10 April 2016 PERISTIWA Gianyar

baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com- Sebagai salah satu Provinsi inisiator menuju Provinsi Layak Anak di tahun 2015 membawa Bali dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi anak internasional (Convention On The Right Of Children  /CRC ) ke-4 yang rencananya akan dilaksanakan di Gianyar pada November  mendatang.

Demikian disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Yohana Susana Yembise  saat diterima oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta di ruang kerjanya, Sabtu (9/4). Yohana menyampaikan dipilihnya Bali dan khususnya Kabupaten Gianyar tidak terlepas dari raihan prestasi dari kabupaten Gianyar dimana kabupaten Gianyar yang sudah mencanangkan diri sebagai kota/ kabupaten layak anak di tahun 2014, pada tahun 2015 sudah berhasil mendapatkan penghargaan tingkat madya tingkat nasional

"Prestasi Provinsi  Bali dan Kabupaten Gianyar luar biasa, apresiasi atas keberhasilan tersebut," imbuhnya. Mengingat konferensi ini berskala Internasional, ia  meminta agar Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar mempersiapkan pelaksanan  konferensi tersebut dengan sebaik baiknya.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Sudikerta menyampaikan apresiasi atas dipilihnya sebagai tuan rumah konferensi bertaraf internasional. Sudikerta memaparkan walaupun tingkat kekerasan pada anak dan perempuan  di Provinsi  Bali sudah mengalami penurunan, namun upaya upaya perlindungan terhadap hak anak dan perempuan harus terus ditingkatkan agar kedepannya tidak ada lagi kasus kasus kekerasan yang terjadi pada anak dan perempuan.

Begitu pula dengan permasalahan perdagangan manusia yang menjadi isu perbincangan hangat dewasa ini, Sudikerta menegaskan Pemprov Bali sudah menggandeng pihak berwajib menindaklanjuti kasus perdagangan manusia. Ia juga menyampaikan saat ini  Pemprov  tengah menggodok pembentukan Komisi Penyelenggara Perlindungan Anak Daerah yang para calon anggotanya masih dalam tahapan seleksi. Mengenai pelaksanan konferensi nantinya, Wagub Sudikerta berjanji mendukung pelaksanaan konferensi tersebut sehingga berjalan sukses.

Sementara itu Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata yang mendampingi Yohana juga menyampaikan apresiasinya atas terpilihnya Gianyar sebagai tempat penyelenggaraan konferensi tingkat International ini. Ia menambahkan pihaknya tengah mengecek titik lokasi yang cocok untuk penyelenggaraan even akbar tersebut mengingat even ini akan dihadiri sekitar 800. - 1000 orang peserta se Asia.

Terkait perlindungan anak, saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkan  sekolah layak anak serta Puskesmas layak anak yang  nantinya akan masuk dalam agenda kunjungan lapangan peserta konferensi.(*)