Bahas Penerapan Perda KTR, Bupati Suwirta Jadi Narasumber di Solok

  30 November 2018 SOSIAL & BUDAYA Klungkung

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Klungkung. Berkat keberhasilan dan komitmen yang kuat dalam menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dipercaya menjadi narasumber pada pertemuan Aliansi Bupati/Walikota Peduli Kawasan Tanpa Rokok dan Penyakit Tidak Menular (PTM) bersama Kementerian Kesehatan di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kamis (29/11/2018).
 
 
Dihadapan peserta pertemuan, Bupati Suwirta memaparkan tentang penerapan Perda Kabupaten Klungkung Nomor 1 Tahun 2014 tentang KTR. Menurut Bupati, komitmen pemerintah daerah sangat kuat dalam menerapkan Perda KTR sampai ke Desa-desa dan menutup seluruh jenis iklan rokok. “Dengan diterapkannya peraturan tersebut kini kepatuhan masyarakat untuk tidak merokok mencapai 80,7%,” bebernya.
 
Perda KTR saat ini memang belum diterapkan maksimal. Tetapi, Bupati menegaskan mulai awal tahun 2019, Perda KTR akan diterapkan secara maksimal termasuk sanksi bagi pelanggar. Saat ini sosialisasi tentang Perda tersebut sudah dilakukan, termasuk memasang pengumuman tentang KTR di beberapa tempat, seperti tempat ibadah, ruang publik dan fasilitas umum lainnya. “Tentu ini memerlukan kerja semua pihak dan tim serta dukungan penuh dari masyarakat,” ujar Bupati Suwirta.
 
 
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Cut Putri Arianie menyebutkan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan, pemerintah daerah wajib menetapkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok.
 
Sementara itu, berkat komitmen tersebut, Bupati Suwirta dipercaya menjadi narasumber diberbagai tempat. Tidak hanya di dalam negeri, Bupati asal Nusa Ceningan ini juga menjadi narasumber tentang KTR hingga ke Singapura. (BB)