Astronot Berhasil Abadikan Fenomena 'Bulan Stroberi'. Ini Kisahnya!

  27 Juni 2016 HIBURAN International

NASA

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. Astronot asal AS, Jeff Williams, berhasil mengabadikan gambar sebuah fenomena spektakuler, yakni terbitnya bulan purnama sebelum matahari terbenam atau dikenal dengan sebutan 'Bulan Stoberi'.
 
Mengutip Huffington Post, Williams berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS yang tengah melayang di atas China barat ketika ia mengambil gambar 'Bulan Stroberi' pada Selasa pekan lalu (21/6/2016).
 
Fenomena 'Bulan Stroberi' hanya terjadi ketika bulan purnama muncul bertepatan dengan hari terpanjang di belahan bumi utara tahun ini. Biasa dikenal pula sebagai titik balik matahari musim panas.
 
Terakhir kali, fenomena ini terjadi pada waktu 'musim panas cinta', yakni tahun 1967. Istilah 'stoberi' berasal dari suku-suku Algonquin di Michigan utara dan Kanada. Mereka percaya bahwa purnama pada bulan Juni menandakan bahwa sudah waktunya untuk memulai memetik buah-buahan, termasuk stroberi.
 
Kejadian langka ini juga dikenal sebagai Rose, Hot, atau Honey Moon karena posisi matahari terbenam ini menyebabkan satelit alami Bumi tampak berwarna kuning.
 
NASA mengatakan astronot seringkali melihat ratusan adegan bulan terbit dan terbenam di Bumi dari ISS. Hanya saja, Williams adalah salah satu dari sedikit orang yang beruntung menyaksikan fenomena lunar langka ini dari ruang angkasa. (BB/inilah).