Asmipa Bali Terbentuk, Siap Bersinergi dengan Pemerintah Ikut Aktif Bangkitkan Pariwisata Bali

  23 Februari 2022 EKONOMI Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Kuta. Asmipa (Astana Mitra Pariwisata) adalah organisasi berkumpulnya para pelaku usaha pariwisata seperti rumah makan, pusat oleh-oleh dan kerajinan, hotel, rent car, destinasi wisata, biro perjalanan dan agen perjalanan serta pelaku UMKM. Sesuai tujuan awalnya, Asmipa ingin menggandeng dan merangkul vendor-vendor di sektor pariwisata.

Untuk di Bali, pengurus DPD Asmipa Bali baru saja lantik dan dikukuhkan pada Rabu petang (23/02/2022) di Hotel Adi Jaya jalan Kartika Plaza Kuta. Pelantikan dan Pengukuhan DPD Asmipa Bali sendiri dihadiri langsung Ketua DPP Asmipa Umi Kulsum yang akrab disapa Bunda Shofi. 

"Kita merangkul semuanya, lebih mengedepankan sinergi dengan semua lembaga atau stakeholder pariwisata, jadi kita akan bersinergi dengan semuanya terutama juga dengan pemerintah," kata Umi Kulsum saat ditemui usai Pelantikan dan Pengukuhan DPD Asmipa Bali, Rabu (23/02/2022) petang. 

Lebih jauh Umi menjelaskan, saat ini jumlah anggota Asmipa di seluruh Indonesia yang teregistrasi dan mengantongi ID Card yaitu 650 anggota. Namun Umi mengakui karena pandemi, pendataan sempat tertunda dan ketika kasusnya mulai sudah mulai melandai dimana program nasional vaksinasi gencar dilaksanakan, maka DPP Asmipa membuka kembali pendataan anggota yang diperkirakan jumlahnya mencapai ribuan anggota di seluruh Indonesia. 

"Saat ini Asmipa sudah terbentuk di Jawa Tengah, Jogja, Nusra, Bali, dan Tasikmalaya segera menyusul," jelasnya. 

Umi berharap, dilantiknya kepengurusan DPD Asmipa Bali akan ikut aktif membangkitkan pariwisata di Bali, bersinergi dengan pemerintah.

"Apa yang perlu dikolaborasikan nanti mungkin dari Ketua DPD supaya menjadi kepanjangan dari DPP mensinergikan dengan pemerintah yang disini membutuhkan apa bisa kita nanti sinergikan," terangnya. 

Sementara, Ketua DPD Asmipa Bali, I Made Terimayasa yang baru saja dilantik berharap, Asmipa sebagai organisasi yang didalamnya terdapat banyak pelaku usaha pariwisata turut aktif menggerakkan industri kepariwisataan di Indonesia khususnya di Provinsi Bali.

"Kami ingin menjadi partner pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata utamanya desa wisata, UMKM, ekonomi kreatif, pariwisata yang berkelanjutan menuju Bali bangkit," kata Terimayasa yang didampingi beberapa pengurus DPD Asmipa Bali yang baru dikukuhkan.

Terimayasa mengungkapkan pada tahun 2022 ini Bali akan menjadi tuan rumah Presidensi KTT G20. Tak sedikit kalangan, masyarakat, dan tentunya komponen pariwisata berharap pertemuan tingkat tinggi tersebut akan kembali menggeliatkan kepariwisataan Bali yang jatuh terpuruk akibat pembatasan kunjungan turis mancanegara sebagai imbas pandemi Covid-19.

"G20 ini sudah jauh-jauh hari siapa yang menghandelnya jadi mungkin untuk berikutnya bisa Asmipa diikutsertakan biar anggota Asmipa juga mendapatkan kue juga, kalau sekarang ini baru transport aja," harap Terimayasa mengakhiri.(BB).