Arus Balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Gilimanuk Mulai Landai

  29 April 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Petugas Kepolisian sedang memeriksa kendaraan yang baru turun dari kapal

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Pelabuhan Gilimanuk, Bali - Arus balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Gilimanuk sudah mulai landai. Namun, Polres Jembrana tetap melakukan pemeriksaan ketat di Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk karena kendaraan yang memasuki Pulau Bali masih terlihat ramai. Meskipun begitu, pengamanan arus balik tetap dilakukan sesuai dengan SOP.

Kasi Humas Polres Jembrana, Iptu I Made Astawa Astiawan mengatakan, Pemeriksaan kendaraan untuk hari ini nihil ditemukan barang-barang yang membahayakan, seperti handak, sajam, senpi, bom maupun narkoba dan barang-barang ilegal/terlarang lainnya. “Kami mengamati arus balik terpantau landai dan lancar,” ucapnya. Sabtu (29/4/2023).

Manager PT ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Djumadi, juga mengungkapkan hal senada bahwa kondisi arus balik Lebaran sudah mulai berkurang dan lancar. "Menurut data yang saya terima di H+5 penumpang atau pejalan kaki ditambah penumpang dalam kendaraan yang masuk Bali dari Pelabuhan Ketapang sebanyak 37,453 orang, mengalami penurunan dari hari sebelumnya," jelasnya.

Untuk semua jenis kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 pribadi serta pickup, bus dan truk sebanyak 10.021 unit. "Sedangkan untuk penumpang atau pejalan kaki ditambah penumpang dalam kendaraan yang meninggalkan Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk sebanyak 29,128 orang. Untuk semua jenis kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 pribadi serta pickup, bus dan truk sebanyak 6.415 unit," tambahnya.

Pengurangan arus balik Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk tentunya memberikan keringanan bagi pihak berwenang dalam mengatur pengamanan arus lalu lintas. Meskipun begitu, pihak berwenang tetap meminta pengendara untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas dan SOP yang telah ditetapkan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan pulang. (BB)