Antari Jaya Negara Panen Sayuran di Sumerta Klod. Salurkan ke Dapur Umum

  20 Agustus 2021 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

Ket poto : Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara melaksanakan panen Sayur bersama kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Desa Sumerta Kelod

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara melaksanakan panen Sayur  bersama kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Jumat (20/8/2021) di Kelompok Tani Empelan Terbin. 

Hasil panen berupa sayur kangkung, kacang panjang dan tomat diserahkan Ketua TP PKK Ny. Sagung Antari Jaya Negara kepada Dapur Umum Gotong Royong Covid-19 Indonesia Tionghoa (INTI) Bali. "Bersama kelompok P2L Tani Empelan Terbin Sumerta Kelod telah melaksnakan panen bersama dan hasil panen ini kita salurkan kepada dapur umum yakni INTI Bali," ujar Antari Jaya Negara disela-sela panen bersama yang  dihadiri Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, I Gusti Ayu Ngurah Raini.

Lebih lanjut disampaikan bahwa hasil panen dari kelompok P2L Denpasar berupa sayur mayur telah disumbangkan kepada relawan dapur umum untuk dapat dimasak dan menjadi hidangan nasi bungkus serta disumbangkan kepada masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri, isolasi terpusat maupun masyarakat yang membutuhkan. Disaat kondisi seperti sekarang ini,  pemanfaatan lahan pekarangan, benar- benar dirasakan manfaatnya.

P2L dikembangkan dengan tujuan meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga. Melalui P2L bisa dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga. Diharapkan dari bantuan sayur ini mampu memberikan semangat seluruh relawan dalam membantu sesama warga terdampak di tengah situasi pandemi saat ini. "Kami mengucapkan terima kasih keapda kelompok P2L dan relawan dapur umum yang telah banyak membantu dalam gerakan bersama di masa pandemi saat ini," ujarnya. 

Ketua Kelompok Tani Empelan Terbin, Wayan Wijaya menyampaikan hasil panen saat ini berupa sayur kangkung, kacang panjang dan tomat. "Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari dinas terkait dan kehadiran ibu ketua TP PKK Denpasar untuk turut serta melaksanakan panen bersama dan disumbangkan ke dapur umum," ujarnya.

Dikatakan bahwa keberadaan kelompok ini dari giat P2L Denpasar dibawah arahan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Denpasar menanam sayur sayuran di luas lahan kurang lebih 10 Are bersama warga setempat. Antusias ini telah memanen sayur mayur dan dimanfatakan bersama serta disumbangkan. 

Sementara koordinator Dapur Umum INTI Bali, Janice Plorence mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan kali ini. Dijelaskan bahwa relawan di dapur umum ini setiap harinya melaksanakan masak dan membungkus nasi hingga 200 bungkus yang disumbangkan kepada anak panti asuhan dan masyarakat yang membutuhkan. "Ditengah masa pandemi saat ini semoga gerakan bersama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya. (BB)