Anda Ingin Hidup Sehat? Terapkan Diet Mudah 4 Langkah Ini

  05 Juni 2016 KESEHATAN International

Ilustrasi

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Internasional. AMERICAN Journal of Clinical Nutrition mengeluarkan sebuah studi yang mengungkapkan bahwa pola hidup Mediterania dinilai efektif mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dibandingkan pola diet lainnya seperti vegan, vegetarian, diet rendah karbohidrat, diet tinggi serat, diet tinggi protein, dan diet rendah indeks glikemik.

Melansir laman mayoclinic.org, diet Mediterania adalah pola mengkonsumsi makanan sehat berupa buah-buahan, sayuran, ikan, serealia, dan membatasi lemak. Menurut riset, diet Medietarania dinilai mampu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) atau lemak jahat yang seringkali mengendap di pembuluh darah. Karena itu, diet ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Diet Mediterania juga dapat mengurangi risiko kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer. Wanita yang menerapkan pola diet ini ditambah dengan konsumsi minyak zaitun dan kacang-kacangan memiliki tingkat risiko kanker payudara rendah.

 

Secara sederhana, berikut beberapa kunci jika kita ingin menerapkan diet Mediterania, antara lain:

 

1. Mengkonsumsi makanan segar, seperti buah-buahan, sayuran, serealia, legumA, dan kacang-kacangan.

 

2. Mengganti mentega yang berlemak dengan minyak zaitun atau minyak kanola.Lebih memilih rempah-rempah dibandingkan garam untuk memberi rasa makanan.

 

3. Mengkonsumsi ikan dan daging unggas minimal dua kali seminggu.

 

4. Menikmati kegiatan makan dengan keluarga dan teman-teman. Dan banyak berolahraga tentunya.

 

Sepertinya tidak terlalu sulit bukan? Mari hidup sehat! (BB/Inilah).