Alun-Alun Kota Bangli Diresmikan Gubernur Bali

  13 Januari 2022 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Ket poto : Gubernur Bali I Wayan Koster tandatangani peresmian Alun-Alun Kota Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Bangli - Secara resmi Alun-Alun Kota Bangli dibuka untuk umum, ditandai dengan peresmian yang dilakukan langsung oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Rabu (12/1/2022).

Peresmian alun-alun Kota Bangli ini juga dihadiri pula oleh Ketua DPRD Provinsi Bali, yang diwakili oleh I Nyoman Adnyana, Bupati Kelungkung, I Nyoman Suirta, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Anggota Forkompimda Kabupaten Bangli, Sekda Kabupaten Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra, seluruh Pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Bangli, Perbekel se- Kabupaten Bangli, dan masyarakat Bangli pengerjaan alun-alun dengan menelan anggaran Rp 21 miliar yang bersumber dari APBD Bangli tahun 2021 ini, berlangsung cukup semarak.

Gubernur Bali Wayan Koster bersama rombongan tiba di Alun-alun Bangli sekitar pukul 19.15 wita. Saat itu, Gubernur bersama Bupati Sedana Arta langsung melakukan penandatangan prasasti peresmian Alun-alun yang kini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Bangli. Selanjutnya, keduanya juga turut melakukan penandatan kesepakatan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan Alun-alun Bangli. Setelah itu, dilanjutkan dengan meninjau berbagai fasilitas yang ada di Alun-Alun Bangli.

Gubernur Wayan Koster  dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas suksesnya pembangunan Alun-alun Bangli. Gubernur juga mengaku komit mendukung sejumlah program pembangunan yang saat ini dirancang Pemkab Bangli. "Saya bangga dengan pak Bupati, belum setahun jadi Bupati tapi sudah bisa melakukan perubahan yang sangat cepat dalam memajukan pembangunan di kabupaten Bangli," ungkapnya.

Kata dia, apa yang menjadi visi misi Bupati telah mulai bisa diwujudkan menuju Bangli era Baru. "Saya bangga lapangan ini dapat ditata dengan baik dengan penataan mutifungsi sehingga ini bisa menjadi icon Bangli dan perubahan mulai dapat dirasakan masyarakat," ujar Koster.

Bupati Bangli Sedana Arta dinilai merupakan seorang  pemimpin yang berani dan pekerja keras. "Ini contoh kepemimpinan yang baik untuk membangun Bali,. Belum satu tahun sudah banyak gebrakan pembangunan yang dilakukan, Ini harus ditingkatkan kedepannya" sebutnya. 

Untuk itu, Gubernur juga mengaku akan mendukung program pembangunan Bangli selanjutnya.  Yang mana, di tahun 2022 mengaku akan mengelotorkan anggran BKK sebesar Rp 50 Miliar. “Maunya kita beri lebih namun karena kondisi masih pandemi, maka hanya mampu Rp 50 miliar. Saya harap pak Bupati bersabar dulu, namun demikian kita tetap fasilitasi ke depannya. Bangli tidak bisa dibangun sembarangan, karena Bangli punya karakteristik spesifik. “Bangli terdapat desa-desa kuno yang sangat kuat, untuk kita bangun menjadi kebanggan Bali," ungkapnya.

Selain itu, Gubernur mengaku terkesan dengan tari dan lagu Pucuk Bang yang menjadi maskot Kabupaten Bangli. Karena itu, diminta Bupati segera mengurus hak ciptanya. (2022). “Bangli harus bisa menjadi kebanggan Bali. Maka tatakelonyaa harus baik tidak boleh sembarangan,” ujarnya lagi.

Sementara Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta  pada kesempatan itu mengatakan sebelum peresmian Alun-alun Kota Bangli diawali dengan pelaksanaan pecaruan Manca Kelud, Pengersiganaan, Pemelaspas Palinggih dan Alun-Alun serta Mepedagingan yang dipuput oleh dua orang sulinggih. Saat itu, dipentaskan tari rejang renteng secara massal yang diikuti seluruh ASN perempuan Pemkab Bangli. “Sebelum peresmian kita lakukan upacara guna melakukan pembersihan secara niskala,”katanya.

Terkait acara peresmian, jelas Bupati asal Desa Sulahan ini, pihaknya menyebarkan 750 undangan kepada seluruh tokoh masyarakat Bangli. Selain mengundang seluruh Perbekel, Bendesa dan seluruh komunitas se-Bangli, dalam peresmian Alun-Alun Bangli juga mengundang Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, selain itu pelaksanaan peresmian alun-alun ini juga diselingi dengan pemberian penghargaan kepada Dr. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, ST.MA sebagai Perancang Arsitek Alun-alun Kota Bangli dan Perancang Arsitek Gedung DPRD Kabupaten Bangli.

Sementara disinggung acara hiburan, kata dia, pasca opening dilanjutkan dengan berbagai kegiatan yang telah dijadwalkan akan dilaksanakan sampai hari Minggu (16/1/2021) mendatang. Diantaranya, kegiatan kuliner, food court dan masyarakat kita juga semakin punya ruang hijau terbuka di kota untuk tempat rekreasi.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat yang hadir untuk selalu menerapkan prokes. “Penerapan prokes itulah satu-satunya cara mencegah penularan Covid, sehingga kita tidak perlu panik lagi. Terlebih kita sudah dua tahun melewati pandemic. Walaupun isu-isu virus omicron masih ada, kita sekali lagi jangan panik. Tetap gunakan prokes,” tegasnya.

Berikutnya saat disinggung terkait target pembangunan selanjutnya, kata Bupati, semua perencanaan pembangunan sejatinya sudah diketok palu dalam APBD Bangli 2022, seperti pembangunan Pasar Singamandawa, Penataan Penelokan, Jalan Hotmix. Yang paling besar adalah kelanjutan pembangunan RSUD Bangli.

“Selain itu, kita juga membangun Dragrace yang kemungkinan merupakan satu-satunya kabupaten kita yang berani untuk memfasilitasi agar kebut-kebutan liar ini tiada dan bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” tegasnya. (BB)