Agung Rai Wirajaya Salurkan Ribuan Paket Sembako PSBI Bantu Korban Banjir Bandang di Jembrana

  02 Desember 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) salurkan 1.000 paket sembako PSBI untuk membantu warga korban banjir di 4 Kecamatan di Jembrana, pada Jumat (2/12/2022).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) turun gunung ke "Gumi Jegog" Jembrana. Kehadiran wakil rakyat 4 periode di DPR RI ke Bali bagian barat ini untuk menyalurkan ribuan paket sembako PSBI untuk membantu warga korban banjir di 4 Kecamatan di Jembrana, pada Jumat (2/12/2022).

Adapun 4 kecamatan di Kabupaten Jembrana dilanda musibah banjir bandang beberapa waktu lalu yakni Kecamatan Mendoyo, Kecamatan Jembrana, Kecamatan Negara, dan Kecamatan Melaya. 

Dalam penyerahan 1.000 paket sembako PSBI, selain Agung Rai Wirajaya (ARW) turut hadir Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Ketua DPRD Jembrana, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jembrana, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jembrana, serta perwakilan masyarakat penerima sembako. 

Penyerahan 1000 paket sembako PSBI dilaksanakan di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jembrana. Nantinya ribuan paket sembako PSBI akan didistribusikan kepada 10 kelompok masyarakat di Kabupaten Jembrana. 

Bantuan ribuan paket sembako PSBI ini merupakan sinergi Agung Rai Wirajaya (ARW) bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. Bantuan paket sembako ini merupakan tindak lanjut direalisasikannya proposal permohonan bantuan tanggap darurat bencana alam dari Yayasan Nata Bumi Lestari oleh Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia. 

"Bantuan dari Bank Indonesia pusat untuk membantu saudara-saudara kita di Jembrana agar mereka tetap survive setelah mengalami musibah bencana banjir bandang," ucap Agung Rai Wirajaya (ARW). 

Agung Rai Wirajaya (ARW) yang dikenal tokoh asal Desa Peguyangan Denpasar ini menerangkan bahwa Bank Indonesia sebagai mitra kerja Komisi XI berupaya berperan aktif dalam membantu masyarakat melalui Program Sosial Bank Indonesia.

"Kita support mereka agar bersemangat dan bangkit dari musibah ini, agar tidak lama bersedihnya," terang politisi senior PDI Perjuangan ini. 

Adapun 10 kelompok masyarakat penerima bantuan paket sembako PSBI di Jembrana yaitu Lingkungan Sangkaragung Kelurahan Sangkaragung, Banjar Dinas Anyar Kelod Desa Penyaringan, Banjar Dinas Anyar Temeles Desa Penyaringan, Lingkungan Bilukpoh Kangin Kelurahan Tegal Cangkring, Banjar Dinas Pasar Desa Pekutatan, Lingkungan Samblong Kelurahan Sangkaragung, Banjar Sumbersari Desa Melaya, Banjar Adat Taman Yoga Kelurahan Baler Bale Agung, Banjar Adat Panca Wikrana Desa Kaliakah, dan Sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jembrana.

Asisten Direktur Bank Indonesia Provinsi Bali, Beny Okta Tutuarima, mewakili kehadiran Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyampaikan Bank Indonesia berupaya membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah banjir di Kabupaten Jembrana melalui bantuan paket sembako berkoordinasi dengan stakeholder utama Bank Indonesia.

"Kami mengharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat khususnya yang tertimpa musibah bencana alam," harap Beny.

Sementara, Ketua DPRD Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Bupati Jembrana telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk mempercepat penanganan khususnya bagi puluhan KK yang tempat tinggalnya terdampak banjir bandang. 

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan sembako kepada warga kami yang terdampak, dan kami juga tidak menutup kemungkinan jika ada bantuan-bantuan lain tentu kami sangat berharap dari BI dan bapak Agung Rai bisa memfasilitasi untuk bantuan-bantuan sampai ke warga," jelas Sri Sutharmi.

Menurut Sri Sutharmi, banjir bandang itu juga mengakibatkan 7 jembatan hancur dan ada jembatan diwilayah Desa Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo sampai hilang diterjang banjir sehingga mengakibatkan sebagian masyarakat terisolir. 

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih karena bantuan ini sangat membantu bagi korban bencana banjir," ucap Sri Sutharmi mengakhiri.(BB).