Agung Paramita Dewi Harap Denfest Mampu Rangsang UMKM Naik Kelas

  28 Desember 2023 TOKOH Denpasar

Foto: Tokoh perempuan milenial Kota Denpasar Anak Agung Istri Paramita Dewi, S.M., atau kerap disapa Agung Paramita Dewi (APD) yang maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Bali dari PDI Perjuangan dengan nomor urut 6 Dapil Kota Denpasar.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk menutup penghujung tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menggelar event tahunan Denpasar Festival (Denfest) pada 22 Desember 2023 hingga 25 Desember 2023. Denfest kali ini digelar dengan menggandeng 173 UMKM dan diharapkan juga menjadi wahana untuk mempromosikan produk UMKM di Ibukota Provinsi Bali ini.

Denfest kali ini secara umum sama dengan tahun sebelumnya. Beragam segmen turut mengisi berbagai mata acara, mulai dari penampilan musik, pentas budaya, fashion show hingga cosplay competition serta yang tak kalah penting adalah stand kuliner dan IKM Kota Denpasar. 

Tokoh perempuan milenial Kota Denpasar Anak Agung Istri Paramita Dewi, S.M., atau kerap disapa Agung Paramita Dewi (APD) yang maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Bali dari PDI Perjuangan dengan nomor urut 6 Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Denpasar pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 menilai event Denfest ini menjadi upaya dan langkah strategis untuk membawa UMKM naik Kelas.

“Denfest hal yang baik untuk menaikkan kelas UMKM di Denpasar. Dengan begitu UMKM di Denpasar makin dikenal oleh masyarakat luas,” kata Agung Paramita Dewi (APD) ditemui di sela-sela aktivitas menyapa warga Denpasar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar mengalokasikan anggaran Rp 3,3 miliar untuk acara Denfest yang berlangsung selama 4 hari di kawasan Catur Muka Denpasar, terbentang dari daerah Lapangan Puputan hingga ke Jalan Sumatera. Agenda ini memang dikemas untuk promosi wisata sekaligus membantu para pelaku UMKM menjangkau pasar.

Gelaran Denfest ke-16 tahun 2023 mengusung tema Jayastambha yang bermakna Pilar Kejayaan. Dari tema ini turut digemakan konsep pura, puri dan pasar sebagai ikon penting pembangunan masa lampau. Denfest telah dibuka pada 22 Desember dan berlangsung hingga 25 Desember.

Terkait gelaran Denfest ke-16 tahun 2023, Agung Paramita Dewi (APD) memberikan masukannya dan harapan agar Denfest bisa juga terus merangsang lahir dan tumbuhnya pelaku UMKM baru hingga membawa UMKM naik kelas. Sebab pelaksanaan Denfest juga menjadi platform kerja sama antara pemerintah, kaum kreatif, akademisi, bisnis, dan publik luas dalam memajukan ekosistem kreatif lokal dan regional yang sehat dan berkesinambungan. 

Agung Paramita Dewi (APD) yang merupakan putri sulung dari politisi senior PDI Perjuangan yang juga Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, SE., MM. menilai Denfest mampu menciptakan peluang bagi seniman dan pengusaha muda untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional.

“Kita dorong dan dukung agar terus dilaksanakan event yang menunjang UMKM di Denpasar utamanya seluruh UMKM yang belum pernah tersentuh Denfest,” kata Srikandi PDI Perjuangan ini.

Agung Paramita Dewi (APD) yang dikenal punya kepedulian besar terhadap masa depan anak-anak dan telah banyak melakukan kontribusi nyata dalam mendukung pencegahan dan penurunan angka stunting di Kota Denpasar sebagai upaya juga mencetak generasi yang sehat menuju Indonesia Emas tahun 2045 ini juga menyampaikan harapannya agar ada lebih banyak event-event di Denpasar untuk mengangkat potensi UMKM dan ekonomi kreatif yang masih sangat banyak namun belum tergarap optimal.

“Harapan saya ditingkatkan event di Denpasar dan digilir UMKM yang berpotensi agar semua dapat berpartisipasi dan berpromosi dengan fasilitas dari pemerintah,” harap tokoh perempuan milenial Kota Denpasar yang dikenal dekat dengan anak-anak muda ini

Untuk kemudahan dan dukungan yang harus diberikan pemerintah bagi anak-anak muda dan calon wirausaha muda atau calon pelaku UMKM, Agung Paramita Dewi (APD) kembali menyampaikan harapannya kepada pemerintah.

“Harapannya agar lebih mudah dalam peraturan seperti ijin-ijin untuk UMKM-nya. Begitu juga soal akses permodalan. Dengan begitu, anak-anak muda akan semakin termotivasi menjadi wirausaha, menjadi job creator atau membantu menciptakan lapangan, bukan sekedar job seeker atau pencari kerja,” pungkas Agung Paramita Dewi (APD) yang juga dikenal sebagai tokoh muda yang yang juga aktif berkecimpung membantu program sosial di Dinas Sosial Kota Denpasar dan didaulat sebagai Tokoh Masyarakat Perempuan Peduli Disabilitas ini.(BB).