Berniat Tangkap Ular Sanca, Made Bagi Malah Digigit dan Dilarikan ke Puskesmas

  04 Agustus 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket Poto: salah satu warga menangkap ular setelah menelan ayam

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Berniat menangkap ular sanca yang masuk ke pekarangan rumah warga Banjar Petapan Persidi, Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, salah satu warga digigit dan dilarikan ke Puskesmas terdekat. Ular tersebut sesudah mengigit warga langsung menelan ayam warga hingga ular tersebut tidak bergerak.

Kejadian tersebut terjadi di rumah salah satu warga bernama I Made Bagi Arta 51 tahun sekira pukul 07.48 wita. Diketahui, ular jenis sanca bodo tersebut memasuki rumah warga. Diduga ular tersebut kondisi lapar sehingga agresif, saat ditangkap ular tersebut mengigit, setelah menelan ayam warga dikarenakan kekeyangan ulang tersebut tidak bergerak, dan petugas gampang mengevakuasi.

Kasat Pol PP Kabupaten Jembrana I Made Leo Agus Jaya saat dikonfirmasi di kantornya mengatakan, ular tersebut sebelum makan ayam sempat mengigit warga disana, warga yang kena gigitan langsung di bawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan.

“Awalnya warga disana melapor bahwa ada ular besar masuk kerumahnya yang berasal dari tegagalan warga. Ular tersebut berjenis ular sanca bodo dengan panjang 3 meter dan berat 7 kilogram. Setelah menggigt warga dan menelan ayam, ular tersebut tidak bergerak, ular tersebut kenyang setelah makan ayam,” terangnya. Kamis (4/8/2022)

Setelah tertangkap, lanjut Leo, ular tersebut langsung diamankan ke kantor dan diserahkan ke BKSDA Jembrana guna di observasi. “Kali ini kami sudah didukung dengan peralatan yang lengkap untuk menangkap reptil, akan tetapi dalam pemahaman dan teknik menangkap reptil kami belum memahami, masih banyak petugas terutama yang baru belum memahami tehnik ini.” ucapnya.

Dikarenakan pemahaman tentang menangani reftil sangat minim, pihaknya besok medatangkan pecinta reftil ke kantor untuk memberikan edukasi cara menangani reftil dan memberi pemahaman jenis-jenis reftil dan cara menaganinya. “Selama ini kita belum pernah mendapatkan pemahaman terkait bagaimana cara menangani reftil,” tutupnya. (BB)