Mahasiswa FKH Unud dan Dinas Pertanian Gianyar Vaksinasi PMK di Desa Singapadu

  25 Juli 2022 EKONOMI Gianyar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan Mahasiswa KKN PPM Universitas Udayana Periode XXV Tahun 2022 turut serta dalam pelaksanaan pemberian vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilakukan secara bertahap di Desa Singapadu, Kabupaten Gianyar pada hari Minggu (24/7).

Pemberian vaksinasi ini merupakan salah satu tindakan kerjasama antara Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Mahasiswa KKN Universitas Udayana yang bertugas di Desa Singapadu dan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar demi mencegah meluasnya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku di Indonesia.

Pemberian vaksinasi PMK ini dilakukan bersama dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar yang diwakili oleh drh. I Nyoman Arya Dharma selaku Kepala UPTD PUSKESWAN Wilayah III Kab. Gianyar, serta kegiatan ini di pandu oleh pemdes yang di hadiri oleh Ni Wayan Suparti. S.E. sebagai Sekretaris Desa Singapadu.

Kegiatan pemberian vaksinasi ini diharapkan dapat membantu menekan angka sebaran kasus PMK yang menyerang hewan ternak di Indonesia, khususnya di Kabupaten Gianyar. Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan tingkat pengetahuan peternak terhadap pemahaman adanya penyebaran virus PMK.

Vaksinasi dilakukan di 3 banjar yang ada di Desa Singapadu yaitu Banjar Seseh, Banjar Kebon, dan Banjar Apuan yang diawali dengan briefing peserta. Dalam satu hari di Desa Singapadu telah tervaksinasi total 22 ekor sapi, 2 ekor di Banjar Seseh, 20 ekor di Banjar Apuan, dan 2 ekor di Banjar Kebon.

Pelaksanaan vaksinasi ini disambut baik oleh para peternak, tentunya mereka merasa terbantu dari adanya pemberian vaksinasi PMK gratis, dan mendapat pengetahuan terkait PMK. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi para relawan yang merupakan mahasiswa dari FKH Universitas Udayana, maupun dari mahasiswa KKN Universitas Udayana karena dari adanya kegiatan ini relawan menyampaikan merasa ikut turut belajar dalam pengembangan diri.

Mahasiswa KKN Universitas Udayana yang ikut serta juga merasa terbantu dan mendapat kesempatan untuk dapat memasukan kegiatan vaksinasi ini kedalam program bantu yang termasuk dalam program kerja KKN PPM Periode XXV Tahun 2022 Universitas Udayana. Rangkaian vaksinasi PMK ini akan terus dilanjutkan secara menyeluruh di desa-desa lainnya di Kabupaten Gianyar.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1474-Giat-Vaksinasi-Penyakit-Mulut-dan-Kuku-PMK-di-Desa-Singapadu-Kerjasama-Mahasiswa-Fakultas-Kedokteran-Hewan-Universitas-Udayana-dan-Dinas-Pertanian-Kabupaten-Gianyar.html