Ringankan Beban Masyarakat, Wabup Diar Kembali Serahkan Banten Upasaksi Ngaben Masal

  27 Juli 2022 SOSIAL & BUDAYA Bangli

Ket poto : Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar serahkan dana banten Upasaksi Pengabenan di beberapa lokasi  Desa Adat di Kabupaten Bangli

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Bangli. Guna meringankan beban masyarakat Kabupaten Bangli  terkait  pelaksanaan upacara adat, Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar kembali hadir dan menyerahkan bantuan banten Upasaksi Pengabenan di beberapa lokasi  Desa Adat di Kabupaten Bangli  yang sedang  melaksanakan Upacara Pitra Yadnnya (ngaben masal).

Adapun beberapa Desa Adat yang menerima bantuan Banten Upasaksi Pengabenan berdasarkan jumlah sawa  dengan perhitungan masing masing sawa  sebesar 1 juta rupiah, diantaranya Desa Adat Pasekan tembuku sebesar Rp 14  juta rupiah dengan jumlah 14 sawa, Desa Adat Cepunggung Bangbang Tembuku  42 juta rupiah dengan jumlah 42 sawa, Desa Adat Bangkiang sidem 67 juta rupiah dengan jumlah 67 sawa, dan  Desa Adat Nyanglan Kaja 33 juta  juta rupiah dengan jumlah 33 sawa.

Wakil Bupati Wayan Diar dalam kesempatan tersebut menyampaikan, semua ini merupakan wujud keperdulian  untuk menidaklanjuti program Pemerintah Kabupaten Bangli  guna  meringankan beban masyarakat terkait upacara pengabenan, berupa Bantuan Banten Upasaksi Pengabenan sebesar 1 juta rupiah kepada masing-masing sawa dalam pelaksanaan upacara ngaben masal.

"Apa yg diberikan dari pemerintah tidak sebanding dengan pengorbanan masyarakat, akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan dipergunakan seoptimal mungkin untuk kelancaran upacara, semoga yang diupacarai hari ini mendapatkan tempat yang baik sesuai karmanya masing-masing," pungkasnya. Rabu (27/7/22)

Turut hadir ditengah-tengah masyarakat yang melaksanakan upacara ngaben masal pada, Anggota DPRD Provinsi Bali I Nyoman Budi Utama, Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Anggota DPRD Kabupaten Bangli Sang Nyoman Wijaya, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bangli I Gede Eddy Hartawan, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bangli I Nengah Karya Atmaja serta undangan lainnya

Kehadiran Wakil Bupati Bangli yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangli ini, dalam upacara ngaben masal tersebut, disambut antusias oleh tokoh dan masyarakat setempat. Beberapa perwakilan dari masyarakat yang menerima bantuan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dalam kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar telah melaksanakan beberapa terobosan program yang memang benar-benar berpihak kepada kepentingan masyarakat umum, salah satunya dalam bentuk bantuan upacara ngaben masal.

Semoga program ini bisa berkelanjutan sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang melaksanakan upacara adat dan keagamaan serta dalam rangka mempertahankan adat, kebudayaan dan kearifan lokal sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru. (BB)