Menangkan Pilpres 2024, KIB Makin Kuat Tak Pecah di Tengah Jalan Wujudkan Perimbangan

  17 Juli 2022 POLITIK Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di tingkat pusat telah dideklarasikan. KIB merupakan koalisi partai politik di Indonesia yang terbentuk melalui kesepakatan politik antara tiga partai politik yaitu Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).  

KIB ini terbentuk saat pimpinan tiga pimpinan partai politik melakukan pertemuan di Menteng, Jakarta Pusat, pada 12 Mei 2022 lalu. Ketiga pimpinan parpol itu adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa (PPP). 

Di tingkat pusat, KIB makin intens dan kuat membangun kebersamaan menghadapi Pemilu Presiden 2024. Sementara di tingkat daerah khususnya di Bali, KIB juga terus melakukan konsolidasi dan komunikasi. 

Ditemui usai pertemuan KIB di Kantor Golkar Provinsi Bali, menyatakan KIB di daerah sepakat untuk membentuk LO masing-masing yang tujuannya untuk menyambungkan komunikasi di antara ketiga partai politik gabungan KIB. 

"Koalisi ini tidak hanya sekedar judul saja tetapi merupakan implementasi daripada sebuah perjuangan bersama bagaimana menata kedepan kebersamaan organisasi ini secara politik dan memenangkan pertarungan di 2024," kata Ketua DPW PPP Bali, H. Erfan Effendi, Minggu (17/7/2022), didampingi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Nyoman Sugawa Korry, dan Ketua DPW PAN Provinsi Bali Ngakan Khuta Parwata, serta beberapa pengurus harian masing-masing parpol KIB.

Hal serupa juga disampaikan Ngakan Khuta Parwata bahwa koalisi di daerah terus menguatkan konsolidasi dan segera melakukan langkah-langkah politik menatap Pemilu 2024. 

Sementara Sugawa Korry meyakinkan bahwa koalisi ini koalisi yang serasi, koalisi cerdas dan koalisi yang semakin kuat untuk membawa wajah perubahan bangsa yang makin baik. Sugawa juga menegaskan, KIB akan selalu mengikuti arahan dari KIB di pusat. 

"Kekompakan dan soliditas KIB juga meyakinkan koalisi ini tidak pecah di tengah jalan. Kalau soal Capres-Cawapres itu ada di pusat yang jelas kami (KIB, red) di daerah satu komando kita bumikan KIB ini," kata Sugawa Korry.

"Bagaimana KIB ini mewujudkan dua perimbangan yakni keseimbangan struktur ekonomi baru dengan kekuatan sektor pertanian, kedua keseimbangan kekuatan sosial politik," tambah Wakil Ketua DPRD Bali ini.(BB).