Sampan Angkut 10 Warga Terbalik Dihantam Ombak Diselamatkan Basarnas Bali

  01 Juli 2022 PERISTIWA Buleleng

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Buleleng. Sebuah sampan dengan panjang 12 meter bertanda tulisan Sekarwangi I terbalik di Perairan Utara Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Jumat (1/7/2022) pagi, kurang lebih pukul 05.00 WITA. Awalnya perahu dengan 10 POB tersebut berlayar hendak menuju rumpon untuk mengangkat jaringan ikan, namun tiba-tiba dihantam ombak kemudian terbalik. 

Menurut keterangan saksi mata, para korban berusaha bertahan dengan berpegangan pada sampan yang terbalik. Nelayan setempat langsung memberangkatkan 8 orang untuk memberikan pertolongan. Selang beberapa waktu, tim di darat kembali tidak bisa menghubungi 8 orang tersebut. 

Selanjutnya mereka meminta bantuan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali). Informasi kejadian diperoleh Basarnas Bali pada pukul 11.25 Wita. "Laporan diterima dari Bapak Widiarsa, menyebutkan korban itu masih mengapung-apung dan ia tidak bisa langsung memberikan pertolongan karena sampannya berukuran kecil dan cuaca tidak bersahabat," terang Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E., M.A.P. 

Basarnas Bali menggerakkan personil dari Pos SAR Buleleng dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) yang bertolak dari Pelabuhan Celukan Bawang. "Personil yang onboard di RIB ada sebanyak 4 orang rescuer, area pencarian sesuai dengan keterangan dari saksi mata," jelas Darmada.

Pada pukul 15.10 Wita tim SAR gabungan berhasil menemukan korban sampan terbalik dan semuanya dalam keadaan selamat. Para korban diselamatkan sampan Sekarwangi II dan sampan Sandat Bali pada koordinat 7°44'00.92"S- 115°17'02.55"T. Sampan Sekarwangi I berhasil dibalikkan ke posisi semula dan mereka melanjutkan penarikan jaring ikan. 

Usai memastikan kondisi aman, RIB kembali ke Pelabuhan Celukan Bawang. Unsur yang terlibat selama operasi SAR berlangsung diantaranya Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng (Basarnas Bali), Sampan Sekarwangi II, Sampan Sandat Bali, Polsek Kubutambahan, Buana Bali Rescue, Masyarakat dan nelayan setempat.(BB).