Bahas Kurikulum, UP3M FISIP Unud Gelar Workshop Revisi Kurikulum MBKM

  24 Juni 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (UP3M) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana mengadakan workshop bertajuk “Workshop Revisi Kurikulum MBKM FISIP” bersama Prof. Dr. Ir. Ganda Putra GP, M.P., sebagai pembicara, Putu Titah Kawitri Resen, S.I.P., M.A., sebagai koordinator kegiatan, dan dibimbing oleh Sukma Sushanti, S.SI., M.Si. pada Jumat (24/06/2022). 

Workshop yang dilaksanakan secara online pada pukul 08.30 Wita ini membahas topik kebaruan kurikulum untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Mandiri (MBKM) di tingkat program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.

Kegiatan ini dimaksudkan agar masing-masing prodi memiliki pemahaman yang sama dalam mengartikulasikan program kementerian dalam hal ini MBKM, yang tersirat dalam kurikulum pembelajaran.

Dalam diskusi tersebut, ada beberapa hal yang menjadi fokus pembahasan, seperti isu skema pemagangan mandiri dan skema pemagangan MBKM, permasalahan teknis di masing-masing prodi, dan bagaimana menyikapi dampak kurikulum sebelumnya yang masih berjalan.

“Terkait masalah magang mandiri, disarankan agar setiap prodi mengarahkan mahasiswanya pada skema MBKM,” jelas GP Ganda Putra.

Mengingat skema pemagangan MBKM mandiri memiliki berbagai permasalahan, salah satu yang paling krusial adalah mengenai kegiatan pemagangan yang tidak diakui oleh IKU (Key Performance Indicator). Oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti skema dari kementerian atau membuat persiapan magang mandiri yang matang yang disesuaikan dengan kebutuhan KPI.

Selain untuk kepentingan penyusunan kurikulum ke depan, diharapkan hasil kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kegiatan akademik, terutama yang berkaitan dengan kelancaran pelaksanaan program kementerian dan program mandiri, pencapaian indikator kelulusan, dan juga berdampak pada profil lulusan di FISIP. Sehingga nantinya lulusan FISIP Udayana memiliki kualitas kognitif dan keterampilan profesional yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.(BB). 

Sumber: www.unud.ac.id