Lomba Burung Berkicau Kapolres Cup Digelar di Taman Kota Pecangakan

  26 Juni 2022 OLAHRAGA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Lomba Burung Berkicau memperebutkan piala Kapolres Cup IX digelar dan bertempat di Taman Kota Pecangakan dalam rangka HUT Bayangkara ke-76. Lomba tersebut mengikutkan 32 kelas lomba. Diikuti oleh peserta dari seluruh Bali maupun di luar daerah Bali. Lomba yang diikuti dengan target ribuan peserta tersebut berlangsung dari pagi hari hingga sore hari.

Diawal acara pada kelas lomba Cendet Bhayangkara Wabup Ipat bersama Kapolres Jembrana AKBPI Dewa Gde Juliana dan Waka Polres berkesempatan menempatkan bendera sebagai hasil juara dan pada siang harinya diajang Lomba Cucak Hijau Kapolres dan Murai Batu Ring Kapolres piala diserahkan langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba Bupati bersama Kapolres Dewa Gede Juliana.

Agenda tahunan sempat tidak terselenggara selama 2 tahun karena pandemi covid-19. Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Kasat Intelkam AKP I Gusti Agung Made Suriada, S.Sos lomba bertujuan menciptakan komuniti penyaluran hobi burung, khususnya burung berkicau. Serta meningkatkan kemitraan polisi dan masyarakat. "Melalui lomba ini juga menandakan Polisi selalu ada di tengah-tengah masyarakat. Menjadi sahabat masyarakat melalui lomba seni burung berkicau," terang Made Suriada.

Lomba seni burung berkicau ini di diselenggarakan oleh Kepolisian Resor Jembrana bekerjasama dengan Pelestarian Burung Indonesia (PBI) cabang Jembrana yang diikuti oleh Kicau Mania yang berasal dari seluruh Bali dan beberapa peserta dari Jawa (Jember, Jogja, Probolinggo, Lumajang, dan Surabaya). Adapun target peserta berjumlah 1000.

Sementara Kapolres Jembrana,AKBP I Dewa Gde Juliana mengucapkan terima kasih kepada panitia dan khususnya PBI Jembrana yang telah membantu menyelenggarakan kegiatan ini. Tak lupa sebutnya  dukungan Pemkab Jembrana  terutama tentang kegiatan yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

"Intinya kegiatan ini adalah untuk membangun silahturahmi dan sinergitas bersama dalam komunitas burung yang ada di Jembrana. Mudah-mudahan kedepannya dapat terus kita lakukan untuk membangun sinergitas seluruh stakeholder yang ada," ungkap perwira melati dua AKBP. I Dewa Gede Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K.

Lanjut Kapolres, diharapkan  Kabupaten Jembrana dapat terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan serupa sehingga dapat mempublikasikan potensi yang dimiliki.

"Kepada komunitas burung yang ada semoga kegiatan ini dapat mengobati kerinduan kita semua untuk bisa kembali mengadakan kegiatan terutama untuk menjaga kelestarian alam kita di wilayah kita masing-masing," kata Dewa Gede Juliana.

Disisi lain Wabup Patriana mengungkapkan kegiatan Lomba Burung Berkicau Kapolres Cup IX ini sebagai wujud partisipasi dan dukungan pelestarian alam. Prinsip-prinsip pembangunan, ditekankan pada hal-hal pelestarian dan pemberdayaan masyarakat sudah tentu harus disikapi dengan pengembangan konsep pembangunan yang sesuai dengan kondisi alam dan budaya daerah.

Serta dapat mengakomodasi kearipan lokal yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Konsep pembangunan seperti ini juga perlu didukung dengan kegiatan-kegiatan pelestarian alam yang berkelanjutan, seperti pelestarian lingkungan, flora dan faunafauna dalam rangka mewujudkan keseimbangan ekosistem.

"Untuk itu saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan lebih memungkinkan lagi dikembangkan sebagai sebuah event yang mampu mendukung pembangunan pada sektor lain termasuk pariwisata dengan tetap mengedepankan aspek kearifan lokal dan pelestarian lingkungan," pungkas Ipat. (BB)