Jalin Kerja Sama, FK Unud Tempatkan Residen Senior Mandiri di RSUD Waikabubak Sumba Barat

  22 Juni 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) terus meningkatkan komitmen dan upaya peningkatan kualitas dan kesinambungan pelayanan kesehatan di daerah Indonesia Timur, sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa program studi spesialis stase akhir.

Salah satu kerja sama yang akan dilakukan adalah pengiriman residen senior mandiri ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Upaya kerja sama peningkatan pelayanan kesehatan difokuskan pada layanan kesehatan jantung, mata, THT, obstetri dan ginekologi, bedah, serta anestesi.

Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH, Plt. Sekretaris Daerah Sumba Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat, drg. Bonar Bernandus Sinaga, M.Kes, dan Direktur RSUD Waikabubak, dr. Javendi Rizal Pavliando Saragih, Sp.A, M. Biomed, beserta jajaran menerima kedatangan tim visitasi FK Unud, 21-22 Juni 2022, bertempat di Kantor Bupati Sumba Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Yohanis menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan tim FK Unud untuk kembali membangun kerja sama yang sebelumnya sudah pernah terlaksana.

“Kami sebagai salah satu daerah tertinggal sangat berharap adanya pelayanan kesehatan spesialistik, sehingga masyarakat kami tidak harus dirujuk ke luar pulau,” ucapnya.

Prof. dr. I Md Ady Wirawan, MPH, Ph.D, mewakili tim visitasi FK Unud juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. “Residen senior mandiri adalah peserta didik yang sudah memiliki kompetensi setara spesialis, karena sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikan.

Mereka juga memerlukan wahana untuk menambah variasi kasus dan mengasah kemandirian dalam memberikan layanan kesehatan. Semoga kehadiran anak didik kami nanti bisa meningkatkan akses dan kesinambungan pelayanan kesehatan di Pulau Sumba,” ucap Prof. Ady.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke RSUD Waikabubak untuk melihat fasilitas, data kunjungan, variasi kasus, tempat tinggal residen, dan sarana prasarana terkait pelayanan kesehatan serta yang terkait dengan keamanan dan keselamatan peserta didik.

Acara berikutnya adalah pemaparan profil RSUD Waikabubak oleh Direktur, dr. Javendi didampingi Kepala Bidang Pelayanan Medik beserta jajaran. Pembahasan poin-poin penting dalam perjanjian kerja sama mengakhiri rangkaian kegiatan visitasi kali ini.

Tim visitasi FK Unud yang bertugas terdiri atas Wakil Dekan III, Prof. dr. I Md Ady Wirawan, MPH, PhD, Koordinator UPIKS FK, Dr. dr. Ida Ayu Ika Wahyuniari, M.Kes, Ketua Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik) FK Unud/RSUP Sanglah, Dr. dr. IGP Suka Aryana, Sp.PD(K), Koordinator Program Studi Jantung dan Pembuluh Darah, dr. I Made Putra Swi Antara, Sp.JP; perwakilan program studi spesialis, Dr. dr. I Nyoman Bayu Mahendra, Sp.OG (K), dr. Pontisomaya Parami, Sp.An, MARS, dr. Putu Dian Ariyanti Putri, M.Biomed, Sp.THT-KL, dr. IGA Ratna Suryaningrum, M.Biomed, Sp.M, dan dr. Putu Astri Novianti, M.Biomed, Sp.B.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1215-Kerja-Sama-Penempatan-Residen-Senior-Mandiri-Untuk-Menjamin-Kesinambungan-Layanan-Kesehatan-di-Kabupaten-Sumba-Barat-.html