Sasar Masyarakat Belum Vaksin, BIN Posda Jembrana Bersinergi Dengan Dinkes Melaksanakan Vaksinasi Masal

  25 Juni 2022 KESEHATAN Jembrana

Ket poto : Tim Vaksinator Puskesmas Negara melaksanakan vaksinasi kepada salah satu warga Banjar Tengah

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Untuk menuntaskan vaksinasi coivid ke bebeapa warga yang belum mengikuti vaksinasi, pasca melandainya kasus Covid-19 di Kabupaten Jembrana, BIN Posda Kabupaten Jembrana bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana yang di wakili oleh Tim Vaksinator Puskesmas Negara, Kantor Kelurahan Banjar Tengah, Muhammadiyah dan Natur Ulama (NU) melaksanakan vaksinasi Covid-19  masal bertempat di Halaman Kantor Kelulurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Kegiatan tersebut guna mensukseskan vaksinasi serentak di 34 provinsi yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara. Kegiatan vaksinasi masal tersebut berlangsung selama 3 hari dimana untuk di Kantor Kelurahan dilaksanakan selama 2 hari dan berakhir pada hari Senin 27 Juni 2022 di Masjid  Al Falah Desa Tegal Badeng Timur. Selain melaksanakan vaksinasi di halaman kantor kelurahan, BIN Posda beserta vaksinator Puskesma Negara juga melaksanakan vaksinasi door to door ke rumah warga yang belum melaksanakan vasinasi.

Saat dikonfirmasi awak media Kasi Penanggulangan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kabupaten Jembrana Ida Bagus Adnyana mengatakan, pihaknya akan siap mendukung setiap kegiatan vaksinasi yang dilakukan di Kabupaten Jembrana khususnya. "Siapapun yang akan melaksanakan kegiatan untuk mendukung percepatan vaksinasi di Jembrana kami siap memfasilitasi menyiapkan tim vaksinator dan logistik (vaksin) sesuai dengan tugas pokok kami," ujar Adnyana.

Adnyana juga menjelaskan, dalam memancing masyarakat untuk segera melaksanakan vaksinasi yaitu kuncinya ada pada regulasi dari pemerintah. "Seperti regulasi pada saat mudik kita rasakan, regulasi dari kementrian perhubungan harus booster sehingga orang bondong-bonding vaksin, ketika regulasi dalam penerimaan BLT dan lain-lain pasti bablnyak yang datang, sama dengan penerimaan mahasiswa baru, kuncinya sekarang regulasi," katanya. Sabtu (25/6/2022)

Selain tetap membuka gerai vaksinasi di seluruh puskesmas di Kabupaten Jembrana, Adnyana juga mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi. "Yang mengikat kurang dilapangan, kita tetap juga sosialisasi bagaimana manfaat vaksin kepada masyarakat, hal tersebut adalah untuk kebaikan kita bersama, dalam upaya menghindarkan diri dari Covid-19, meski kasus sudah melandai, kita harus tetap buat herdimmunity dan tetap kita sukseskan," imbuhnya.

Biarpun kasus covid di Kabupaten Jembrana sudah melandai, imbuh Adnyana, pihaknya tetap melaksanakan vaksinasi untuk mecapai target dosis 1 sampai 3 mencapai 100 persen. "Total capaian vaksinasi di Jembrana untuk dosis I 114,30 persen, dosis II 99,61 persen dan booster 56,85 persen. Sementara untuk kegiatan kali ini capaian vaksinasi diperoleh sebanyak 80 orang masyarakat," pungkasnya.

Sementara BIN Posda Jembrana I Made Wisnu saat dikonfirasi awak media mengatakan, pihaknya sebagai perwakilan dari BIN Daerah Bali melaksanakan vaksinasi serentak di kantor Kelurahan Banjar Tengah, hal ini bertujuan untuk menguatkan Herd Immunity. Selain itu juga kegiatan ini untuk mensukseskan vaksinasi serentak di 34 provinsi di Indonesia.

"Selain kami melaksanakan vaksinasi di halaman kantor kelurahan Banjar Tengah, kami juga melaksanakan vaksinasi door to door ke rumah warga yang belum melaksanakan vaksinasi, dalam hal ini kami sangat terbantu oleh jajaran staf kelurahan termasuk bagian keamanan desa seperti linmas dan pecalang,” ujarnya.

Pihaknya melaksanakan vaksinasi masal di Kabupaten Jembrana selama 3 hari, untuk di Kantor Kelurahan kami laksanakan selama 2 hari, di hari terkahir kami laksanakan di Masjid  Al Falah Desa Tegal Badeng Timur. “Untuk hasil vaksinasi covid hari ini sebanyak 80 orang. “Untuk vaksin dosis 1 sebanyak 7 orang, vaksin dosis 3 sebanyak 9 orang sedangkan untuk vaksin dosis 3 (booster) sebanyak 64 orang. Kita akan lanjutkan besok pagi lagi ditempat yang sama,” terangnya.