Wabup Diar Buka Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsive Gender

  30 Mei 2022 PERISTIWA Bangli

Ket poto : Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Acara yang dipusatkan diruang  krisna Kantor Bupati Bangli tentang pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsive Gender (PPRG) ini di buka langsung Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar yang didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bangli Ida Ayu Gede Yudi Sutha.

Sebagai motivasi, Wabup  I Wayan Diar awali sambutan dengan memberikan pemahan kesetaraan gender kepada para peserta pelatihan. Kesetaraan gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan perpartisifasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan nasional.

“Kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan, maka pemerintah melalui kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah system dan strategi, untuk mewujudkan kesetaraan gender yaitu dengan program pengarusutamaan gender didaerah,” ucapnya. Senin (30/5/2022).

Lebih jauh dijelaskan Wabup, pengarusutamaan gender adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional.

“Maka dengan adanya pelatihan ini saya berharap, dimasing masing OPD supaya  tersedia sumber daya manusia (sdm) yang terlatih untuk mengimplementasikan dokumen perencanaan penganggaran responsive gender (PPRG) dengan anggaran yang sudah ada dimasing masing OPD. Apalagi PPRG ini ajang persiapan evaluasi atau penilaian pengarusutamaan Gender (PUG) dengan hasil berupa penghargaan bagi kabupaten/kota predikat Anugerah Parahita Ekapraya (APE),kita harus bisa,“ tekad Wabup.

Untuk mendukung itu semua memang butuh proses, ujar wabup, namun tetap berharap setelah pelatihan terlaksana, peserta dapat mengaplikasikan dan menganalisa anggaran yang responsive gender di OPDnya secara berkesinambungan. “Secara umum dapat mengimplementasikan kepada pembangunan di Kabupaten Bangli guna mewujudkan Nangun Sad Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana untuk mewujudkan Bangli era baru,” pungkasnya.

Sementara itu Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bangli Ida Ayu Gede Yudi Sutha mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai yang menangani perencanaan dimasing masing OPD selama 2 hari, yang dimulai pada tanggal 30 sampai dengan 31 Mei 2022. Dengan materi kegiatan pembuka wawasan tentang PPRG, tatacara penyusunan Gender Analysis Patway (GAP), Gender Budget Statement (GBS) dan Term Of Reference (TOR). Latihan teknis penyusunannya dengan narasumber pelatih perencanaan penganggaran responsive gender Dr. Anak Agung Ayu Ngurah Tini Rusmini Gorda,SH,,MM., MH dari pusat Studi Undiknas Denpasar.

“Terkait tujuan dari Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsive Ggender (PPRG) adalah, sebagai langkah mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender di berbagai bidang kehidupan khususnya di Kabupaten Bangli. Tersedianya SDM yang terlatih untuk mengimplementasikan dokumen perencanaan penganggaran yang responsive gender dengan anggaran yang sudah ada dimasing masing OPD,” tutupnya. (BB)