Kembali Salurkan 2.500 Paket Sembako PSBI, ARW: Bali Bersiap Menuju Status Endemi, Jangan Lengah Tetap Taat Prokes

  29 Mei 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Selama dua hari berturut-turut, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali bersama Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) kembali menggelontorkan ribuan paket sembako kepada warga yang terdampak Covid-19. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya peran aktif dalam membantu penanggulangan pandemi Covid-19 dengan melakukan pembagian bantuan sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang merupakan kegiatan rutin sejak awal pandemi hingga saat ini. 

Penyaluran sembako PSBI yang difasilitasi Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) ini terlaksana sebagai tindak lanjut direalisasikannya permohonan bantuan penanganan Covid-19 dari DPP Jangkar Pemuda Nusantara oleh Bank Indonesia. Sebanyak 2.500 paket sembako kali ini akan didistribusikan kepada masyarakat melalui lembaga atau kelompok masyarakat (Pokmas) di 9 kabupaten/kota se-Bali, termasuk kaum disabilitas di Kota Denpasar khususnya di Kecamatan Denpasar Utara.

Penyerahan secara simbolis kepada 12 kelompok penerima sebanyak 1.000 paket sembako yang dilakukan di Jero Perenem, Peguyangan, Denpasar pada Minggu sore (29/5/2022) disaksikan langsung Agung Rai Wirajaya (ARW), Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Rizky Ernadi Wimanda beserta jajarannya, Perbekel Desa Peguyangan Kaja I Made Parmita, dan perwakilan penerima bantuan. Sementara sisanya sebanyak 1.500 paket akan disalurkan secara door to door tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Bali.

"Karena masih dalam masa pandemi, pada tahap awal kami serahkan 1.000 paket, sisanya nanti kami lakukan pada kesempatan lain langsung kepada penerimanya," kata Agung Susilantara, mewakili Ketua Umum DPP Jangkar Pemuda Nusantara D. Surez Kumar yng berhalangan hadir.

Adapun 1.000 paket sembako yang diserahkan hari ini yaitu kepada DPP Jangkar Pemuda Nusantara 150 paket sembako, Lingkungan Kertha Dharma Kelurahan Pemecutan Denpasar (150), Sekeha Teruna (ST) Swastika Banjar Pekambingan Denpasar (100), Kelompok Disabiltas Desa Peguyangan Kaja (100), Pemaksan Gunung Agung Banjar Dangin Peken Denpasar (50).

Selanjutnya diberikan pula kepada Pura Kesuma Jati Linggih Ida Ratu Tuan Baris Cina Gong Beri Desa Pakraman Intaran Sanur Denpasar (100), Bank Sampah Trijata Asri Denpasar (100), Warga Ageng Tambyak se-Bali Badung (60), Pura Pasek Gelgel Bendesa Tegeh Kori Agung Kedonganan Badung (50), Pura Taman Beji Besakih, Ubung Kaja Denpasar (73), dan Arya Wang Bang Pinatih Jeroan Gede Getakan Klungkung sebanyak 67 paket sembako.

"Kemarin (Sabtu 28 Mei) sebanyak 2.500 paket sembako, hari ini kembali jumlah yang sama kita salurkan kepada warga terdampak covid di seluruh Bali," kata Agung Rai Wirajaya (ARW) disela penyerahan paket sembako PSBI bertempat di Jero Anyar Taman, Prenem, Peguyangan Kaja, Denpasar, Minggu (29/5/2022). 

Agung Rai Wirajaya mengapresiasi dukungan penuh BI dalam membantu memberikan sembako PSBI untuk meringankan beban masyarakat. Menurutnya, BI sangat dekat dengan masyarakat melalui Program Sosial Bank Indonesia. Selama pandemi Covid-19, BI sudah menunjukkan kinerja luar biasa bagus membantu masyarakat yang membutuhkan sembako hingga dalam menjaga pertumbuhan ekonomi. 

"Kami berterimakasih kepada Bank Indonesia Provinsi Bali yang selama ini sudah melakukan komunikasi dan koordinasi yang sangat baik untuk ikut mendukung Bali kembali bangkit," ucap Anggota DPR RI empat periode ini.

Kader senior partai berlambang banteng moncong putih ini berharap bantuan paket sembako yang telah kesekian kalinya diserahkan Bank Indonesia dapat meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan pasca pandemi Covid-19. Selain itu untuk memberikan suntikan semangat kepada masyarakat agar melewati masa-masa sulit pandemi Covid-19 dan menuju status endemi serta menyongsong perekonomian kembali pulih.

“Kita berbagi sembako untuk membantu meringankan beban masyarakat yang merasa masih perlu kami bantu. Minggu lalu kami membantu disabilitas yang belum mendapatkan penanganan baik dan masyarakat yang masih membutuhkan," ungkap wakil rakyat yang benar-benar merakyat dan totalitas membantu warga di masa pandemi ini. 

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini juga mengapresiasi langkah Gubernur Bali terkait usulan pandemi menjadi endemi kepada Pemerintah Pusat. "Kita lihat dulu tri wulannya, kalau masih ekonomi Bali di bawah posisinya mungkin bantuan seperti ini tetap berlanjut tapi kalau sudah bagus sudah naik PSBI-nya tetap jalan mungkin dengan pola yang lain," jelas Agung Rai Wirajaya.

Saat ini, lanjut Agung Rai Wirajaya menerangkan jika melihat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Bali mulai meningkat dan kondisi itu menjadi momentum ekonomi kembali berdenyut dan Bali bangkit kembali. "Dua tahun ekonomi Bali kontraksi dalam, terpuruk, semoga dengan situasi saat ini perlahan bisa naik posisinya tidak lagi nomor tiga dari bawah secara nasional," sebut Agung Rai Wirajaya. 

Dalam setiap kesempatan, tokoh Peguyangan ini berharap masyarakat jangan sampai lengah melainkan harus tetap waspada walau pandemi sudah melandai dan Bali bersiap menuju status endemi. 

“Pandemi memang sudah landai tapi masyarakat jangan lengah akan prokes, meski pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker dan syarat perjalanan. Walaupun Bapak Presiden sudah memberikan kesempatan membuka masker di ruang terbuka. Tetap harus waspada taat prokes, apalagi ada ancaman wabah cacar monyet di Afrika yang lebih jelek dari Covid. Mudah-mudahan tidak sampai di negeri kita,” harap Agung Rai Wirajaya. 

Sementara, Deputi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Rizki Ernadi Wimanda  juga berharap bantuan sembako PSBI ini bisa meringankan beban masyarakat. Ia juga mengingatkan masyarakat Bali tetap menjalankan protokol kesehatan walaupun sudah ada berbagai pelonggaran.

"Kami berharap agar bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi seluruh warga, khususnya untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kunjungan wisatawan ke Bali sudah mulai meningkat dan ini momentum yang bagus agar ekonomi bangkit lagi. Pesan saya masyarakat jangan abai, tetap patuhi protokol kesehatan minimal pakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir," harap Rizky mengakhiri sambutannya.(BB).