Kolaborasi LPPM Unud dan University of Hawai’i Hadirkan Ilmuan serta Praktisi Mitigasi Bencana dari Berbagai Belahan Dunia

  25 Mei 2022 PENDIDIKAN Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jimbaran. LPPM UNUD berkolaborasi dengan University of Hawai’i pada Rabu tanggal 25 Mei 2022 melaksanakan Scientific Forum for Disaster Risk Reduction yang diselenggarakan di Gedung Widya Sabha, Universitas Udayana.

Kegiatan ini merupakan kerjasama dari berbagai pihak, diantaranya adalah USAID, BNPB, Universitas Udayana, University of Hawai’i, Mercy Corps Indonesia, Peta Bencana Id, NDPTC, PDC Global, AECOM, IABI dan Center for Excellence (Disaster Management & Humanitarian Assistance).

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai improvisasi keilmuan, terutama tentang mengurangi resiko kebencanaan. Kegiatan ini diikuti oleh 116 peserta, yang terdiri dari berbagai latar belakang seperti akademisi, praktisi, dan peneliti yang berasal dari berbagai negara.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara dan menghadirkan beberapa pembicara yaitu Prof Karl Kim (University of Hawaii), Dr. Lilik Kurniawan, Sestama (BNPB), Prof. Brian Wolshon (Louisiana State University), Chris Chiesa (Pacific Disaster Center), Dr. Harkunti P Rahayu (IABI), Van Romero, Ph.D., (Vice President of Research & Economic Development at New Mexico Tech), dan H.E. Husain Sjah (Sultan of Tidore).

Kutipan wawancara dengan Rektor UNUD, terlaksananya forum internasional ini diharapkan dapat menyerap informasi dan ilmu baru tentang kebencanaan, terutama dengan adanya kerjasama dengan institusi lain diluar Indonesia, salah satunya adalah University of Hawai’i. 

Rektor UNUD juga menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peneliti-peneliti dari Universitas Udayana dapat saling berkolaborasi dengan institusi lain dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, tingkat kedalaman analisis, serta memperluas jangkuan kerjasama, terlebih Universitas Udayana telah memiliki satu kerjasama mitigasi yaitu tentang mitigasi bencana.(BB). 

Sumber: http://www.unud.ac.id