Jemput Masa Depan Bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara Centre Of Excellence

  16 Mei 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Indonesia memiliki Potensi Teknik Energi Terbarukan (TET) yang cukup besar diantaranya, mini/micro hydro sebesar 450 MW, Biomass 50 GW, energi surya 4,80 kWh/m2/hari, energi angin 3-6 m/det dan energi nuklir 3 GW. komposisi Bahan Bakar Nabati sebesar 5%, Panas Bumi 5%, Biomasa, Nuklir, Air, Surya, dan Angin 5%, serta batubara yang dicairkan sebesar 2%.

Untuk itu langkah-langkah yang akan diambil Pemerintah adalah menambah kapasitas terpasang Pembangkit Listrik Mikro Hidro menjadi 2,846 MW pada tahun 2025, kapasitas terpasang Biomasa 180 MW pada tahun 2020, kapasitas terpasang angin (PLT Bayu) sebesar 0,97 GW pada tahun 2025, surya 0,87 GW pada tahun 2024, dan nuklir 4,2 GW pada tahun 2024. Total investasi yang diserap pengembangan TET sampai tahun 2025 diproyeksikan sebesar 13,197 juta USD.

Berkaitan dengan perihal tersebut SMK Penerbangan Cakra Nusantara sebagai SMK Pusat Keunggulan ( Centre Of Excellence ) dalam implementasinya, berusaha turut berpartisipasi menyiapkan dan menyediakan SDM yang berkompeten di bidang Teknik energi terbarukan di Bali dan di Indonesia Timur, dengan membuka kompetensi keahlian baru di bidang Teknik energi terbarukan.

Hal ini juga sejalan dengan peraturan Gubernur Bali No 45/2019 tentang Bali Energi Bersih, dimana menjadikan provinsi bali sebagai provinsi yang sangat progresif dalam peningkatan pemanfaatan energy baru terbarukan dan konservasi energy, semangat utama dari pergub ini adalah menjamin pemenuhan kebutuhan energy di Bali secara mandiri,ramah lingkungan, berkelanjutan, dan berkeadilan dengan menggunakan energy bersih.

Prospek kerja lulusan Kompetensi Keahlian Teknik energi terbarukan terbilang cukup mumpuni dan luas. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pencarian akan sumber-sumber energi yang lebih ramah lingkungan pun semakin gencar. Seorang lulusan Kompetensi Keahlian Teknik energi terbarukan dapat bekerja sebagai Ahli Rekayasa Teknik energi terbarukan, Ahli manajemen energi dan Teknik energi terbarukan, Ahli Sistem Solar Energi, Energi, Pelaku bisnis Teknik energi terbarukan, dan Konsultan Teknik energi terbarukan, PLN, Dinas Pertambangan dan Energi, Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Tenaga Mikro Hidro, Perusahaan Negara Ataupun Swasta yang Bergerak dalam Bidang Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan serta Konsultan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Mikro Hydro dan Angin.

SMK Penerbangan Cakra akan terus menginspirasi dan berinovasi karena setiap anak adalah juara dan dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Vokasi maka akan memudahkan anak menjadi sukses, terbukti dan faktanya terbukti tahun pelajaran 2018/2019 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke 4 terbaik SMK se-Bali dengan 97% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali, yang meningkat dari tahun sebelumnya yakni peringkat ke 6 SMK se-Bali dengan 84% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi pengangguran di Indonesia dan memberi kesempatan seluas luasnya supaya remaja mempunyai jalan sukses nya dan tidak putus sekolah.

Potensi Teknik energi terbarukan di Indonesia dan Bali pada umumnya Besar dan belum ada SMK di Bali yang memiliki kompetensi kejuruan itu. SMK Yang membuka Jurusan ini masih sangat sedikit di Indonesia, sedangkan kebutuhan SDM TET di PT LEN Industri tinggi. SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak telah membuka Jurusan Teknik Energi Terbarukan (TET) satu-satunya di Bali yang menyiapkan Sumber Daya Manusia yang siap bekerja pada Industri Energi Terbarukan. Yang mana Bali adalah Provinsi Pertama yang mempunyai Perda & Pergub Tentang Energi Bersih diantaranya Perda no 9/2020 tentang Rencana Energi Daerah Prov Bali 2020-2050, Pergub no 45/2019 tentang Bali Energi Bersih, Pergub no 48/2019 tentang Kendaraan Listrik, SE Gub bali 17254/2021 Pemanfaatan PLTS Atap dan Juknis.

Telah mengantongi Surat Rekomendasi dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Sertifikasi dan Energi Terbarukan Prov Bali No B.23671/12688/V/Disnakeresdm tentang Dukungan Pembukaan Kompetensi Kejuruan TET. Keunggulan mengambil jurusan Teknik Energi Terbarukan di SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak yakni:
-Kelas Industri dengan PT LEN Industri (BUMN);
-Kelas Fastrack dengan :
Program S1 Teknik Energi Terbarukan Universitas Prasetya Mulya
Program DIV Teknik Energi Terbarukan Politeknik Negeri Jember
-Magang Industri di PT LEN Industri (BUMN)
-Sertifikasi BNSP oleh LSP Energi Terbarukan
-Sertifikasi Industri oleh PT LEN
-Sertifikasi Ketrampilan International di Renac Renewable Academy Berlin Germany
-Lab TET SMK Cakra kolaboratif dengan BLK Disnakeresdm Prov Bali menjadi solusi bagi
kebutuhan TET di Banjar Banjar seluruh Bali
-Capaian pembelajaran siswa didasarkan pada minimal 3 proyek solusi kearifan lokal dari asal daerah masing masing siswa.

Sebagai Sekolah Pelopor Pertama dan Satu-satunya SMK Penerbangan Pusat Keunggulan di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, siap mencetak SDM Terampil dan Kompeten tersertifikasi BNSP dan Industri, karena merupakan
•SMK Pusat Keunggulan
•SMK Penggerak
•SMK Teaching Factory
•SMK Berkompetensi Lengkap
Saat ini membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2022/2023, dimana lagi ada sekolah yang:
•BEBAS SPP
•BEBAS UANG PANGKAL
•BEBAS UANG GEDUNG
•BEBAS UANG UJIAN
•Hanya Bayar Seragam 1 juta saja
Hubungi HOTLINE 081 237 098 090 klik web kami di www.smkpenerbangan.sch.id. Ayo BANGKIT dari keterpurukan bersama SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA SMK PUSAT KEUNGGULAN ( CENTER OF EXCELLENCE ) SEKOLAH PENGGERAK 2021. BERSAMA SMK PUSAT KEUNGGULAN PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA SEKOLAH PENGGERAK BANGGA MENGINSPIRASI BANGSA!!.(BB).