Kebutuhan Hidup Berubah, AQUA Japan Fokus Inovasi Elektronik Rumah Tangga Sehat Bidik Pasar Kelas Atas

Baliberkarya.com-Kuta. Pandemi COVID-19 telah berlangsung lebih dari dua tahun di Indonesia. Hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan gaya hidup di Indonesia, khususnya dari sisi kebutuhan alat rumah tangga. Dimana masyarakat membutuhkan produk home appliances yang berfokus kepada kesehatan, kebersihan, dan efektifitas. 

AQUA JAPAN terus menemani dan terus menghadirkan produk-produk inovatif terbaru untuk memahami dan memperhatikan kebutuhan konsumennya. Dengan teknologi dan kualitas dari Jepang, desain dinamis, fungsi efisien dan praktis, AQUA Japan terus melakukan inovasi di tengah kebutuhan dan gaya hidup, sebagai strategi agar selalu menjadi kepercayaan konsumen dan memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia. 

“Pada tahun 2022 AQUA Japan telah memiliki 16 Cabang dan 1 Sole Agent di Indonesia dan akan terus berkembang, salah satunya kota berpotensi besar Bali. Saat ini perkembangan gaya hidup di Bali telah menjadikan kebutuhan home appliances semakin inovatif. Hal tersebut menjadi tantangan bagi kami untuk terus berkomitmen menghadirkan inovasi baik dari sisi produk maupun layanan yang akan selalu menemani dan menjawab kebutuhan para konsumen,” jelas Sun Xianbo, Vice President of AQUA Japan Indonesia. 
 
Menurut Sun Xianbo, perkembangan market produk peralatan rumah tangga saat ini sudah  cukup membaik dibandingkan tahun lalu. Perubahan perilaku dimana konsumen sekarang ini lebih perhatian terhadap faktor kesehatan, membuat AQUA Japan melakukan inovasi produk-produk elektronik rumah tangga yang berhubungan atau memberikan manfaat dari sisi kesehatan.

Sementara Sutanto selaku Senior Manager National Sales AQUA Japan Indonesia menjelaskan perkembangan market produk peralatan rumah tangga saat ini sedang dalam proses perubahan perilaku dimana konsumen sekarang ini lebih perhatian terhadap faktor kesehatan. 

“Untuk memenuhi kebutuhan tersebut AQUA Japan melakukan inovasi produk-produk elektronik rumah tangga yang berhubungan atau memberikan manfaat dari sisi kesehatan. Tidak hanya itu AQUA Japan kini melebarkan sayapnya dengan membidik target pasar kelas atas dengan tetap memperhatikan market saat ini di kelas menengah. Selain itu AQUA Japan juga berencana memasuki dunia IoT untuk terus berinovasi memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Berbicara tentang inovasi produk, selama tahun 2022 ini AQUA Japan bersiap untuk menjawab dan menyesuaikan kebutuhan keluarga di tengah pandemi dengan menyediakan 48 produk baru sebagai bentuk komitmen AQUA Japan untuk para konsumen.

Beberapa produk unggulan yang diluncurkan dan sarat dengan inovasi antara lain lemari es kategori multidoor series; AQR-IG685AMT(GB) & AQR-IG745AM(GB), mesin cuci kategori full otomatis bukaan depan; FQD-1050BF, AC kategori Inverter; AQA-KCRV10WXW, Smart Android TV 65 S9 Series & 65 S5 Series dan chest freezer AQF 450EC. 

Di tahun 2022 ini, Sutanto menambahkan AQUA Japan juga akan melakukan percepatan pertumbuhan di area Jawa - Bali. Hal ini dibuktikan dengan adanya 35 dealer dan 6 service network yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada konsumen di area Bali dan sekitarnya. Di Bali. Di Bali, selain mengandalkan penjualan dari sektor B2C, AQUA Japan juga tetap mendorong penjualan dari sektor B2B, mengingat di Bali banyaknya para pelaku usaha di bidang pariwisata.

Sementara untuk jaringan service, konsumen tidak perlu khawatir karena jaringan service AQUA Japan tersebar meliputi Bali dan Nusa Tenggara, seperti kota Denpasar, Mataram, Sumbawa, Bima hingga Kupang. “Luasnya jaringan distribusi penjualan dan service ini juga merupakan salah satu cara agar AQUA Japan semakin dekat dengan konsumen. Kami berharap AQUA Japan akan membawa lebih banyak inovasi home appliances terdepan bagi keluarga Indonesia” terang Sutanto.

Terkait strategi pemasaran, Glenn Manengkei selaku Head of Marketing & Communication AQUA Japan mengatakan berbagai saluran komunikasi terus diperkuat secara konsisten dan berkesinambungan dalam membantu meningkatkan awareness dan memperkenalkan produk-produk AQUA Japan.

“Kami melihat bahwa selama masa PPKM ini, aktivitas dan komunikasi secara digital dan sosial media sangatlah berkembang pesat. Sehingga AQUA Japan saat ini terus memaksimalkan  program-program berbasis digital, untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses produk dan informasi terkait AQUA Japan. Seperti halnya melalui program telemarketing, live streaming online marketing, serta melalui berbagai aktivitas digital lainnya,” ungkap Glenn.

Glenn menambahkan, acara Media Discussion ini juga salah satu upaya mempererat relasi dengan teman-teman media, khususnya di Bali. “Kami berharap kedepannya hubungan antara AQUA Japan dengan rekan-rekan media di Bali akan semakin kuat, juga menunjukkan komitmen bahwa AQUA Japan dapat selalu memberikan inovasi terbaik bagi masyarakat Indonesia, sejalan dengan tema campaign kita tahun ini “Home of Healthy Body, Mind and Soul,” tutup Glenn.(BB). 


TAGS :

Komentar