Tingkatkan Kompetensi Wakil Walikota Arya Wibawa Buka Pelatihan Pemandu Wisata Selancar

Baliberkarya

Baliberkarya.com - Denpasar. Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa membuka pelatihan pemandu wisata selancar guna meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu wisata selancar agar  lebih professional dan memberikan pelayanan yang lebih berkualitas bagi wisatawan. Pembukaan pelatihan ini ditandai dengan pengalungan identitas peserta di Inna Sindhu Beach Hotel , Rabu (21/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Bali, AA Gede Agung Suyoga, Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani, serta perwakilan  Gahawisri Provinsi Bali, Gahawisri Kota Denpasar, Badan Promosi Wisata Denpasar, PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia) Denpasar,  Sanur Surfing Club serta undangan lainnya. 

Sebagai destinasi wisata kelas dunia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya memberikan rasa nyaman dan aman kepada wisatawan yang berkunjung. Salah satunya adalah kegiatan selancar ombak agar wisatawan aman dan nyaman. Dilaksanakannya pelatihan pemandu wisata selancar guna meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu wisata selancar agar  lebih professional dan memberikan pelayanan yang lebih berkualitas bagi wisatawan. Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 11-13 Mei ini diikuti  peserta sebanyak 40 orang dari pelaku wisata selancar di Kota Denpasar. 

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi pelatihan selancar tersebut. Pengembangan potensi destinasi dan atraksi wisata harus terus dikembangkan sehingga pilihan bagi wisatawan semakin beragam yang selanjutnya meningkatkan lama tinggal dan spend of money wisatawan. Keberadaan kawasan wisata pantai sanur tidak terlepas dari atraksi wisata utama berupa keindahan pantai dengan pasir putihnya. 

" Selain meningkatkan insfrastruktur, komitmen kami juga fokus di dalam pelayanan kepada wisatawan yang kedepan pantai sanur menjadi destinasi wisata yang beragam dan menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara," ujarnya.

 Lebih lanjut Arya Wibawa mengatakan demi mengembangkan beragam potensi wisata yang menarik perlu dilakukan langkah-langkah mengembangkan wisata minat khusus seperti wisata selancar atau surfing. Wisata bahari di Sanur atau di Kota Denpasar sejatinya tidak kalah dengan daerah lain sehingga selain meningkatkan sarana prasarana suatu daya tarik wisata yang tak kalah penting adalah meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada. 

"Dengan pelatihan ini kita berharap wisatawan bisa nyaman di dalam menikmati keindahan pantai sanur dan bermain selancar  sehingga kedepannya akan kembali lagi," ujarnya. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani mengatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata karena selancar merupakan bagian dari pariwisata Denpasar.  Pemandu selancar  harus kompeten, tangguh, dan profesional agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang melakukan kegiatan wisata di Denpasar dan Bali pada umumnya.

Lebih lanjut Dezire Mulyani mengatakan maksud dan tujuan dari pelaksanaan pelatihan pemandu wisata selancar untuk mendukung Pemkot Denpasar  dalam upaya meningkatkan kualitas SDM bidang pariwisata, meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal. Pelatihan ini melibatkan 40 orang pemandu wisata selancar yang dibagi menjadi pelatihan secara teori dan praktek. Adapun narasumber Pelatihan Pemandu Wisata bekerjasama dengan DPC GAHAWISRI Kota Denpasar dan Sanur Surfing Club yang memang kompeten di bidangnya masing-masing sesuai dengan materi pelatihan yang harus dicapai (BB)


TAGS :

Komentar