Arus Balik Meningkat Masuk Bali, Sebagian Wisdom Yang Berlibur ke Bali

  05 Mei 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Situasi arus balik di Pelabuhan Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Setelah hari raya Idul Fitri tepatnya di H+2 arus balik di Pelabuhan Gilimanuk mulai mengalami peningkatan. Pantauan awak media di lapangan, terlihat kendaraan roda dua maupun roda empat turun dari kapal mulai rame yang didominasi oleh kendaraan roda empat.

Terkait pengecekan kendaraan yang turun dari kapal, dimana biasanya dilakukan di Pos II Pelabuhan Gilimanuk dipindahkan menuju Terminal Gilimanuk. Semua kendaraan dialihkan masuk ke terminal akan tetapi yang diarahkan hanya kendaraan roda empat.

Pemindahan pengecekan kendaraan dari Pos II menuju terminal guna menghindari  penumpukan kendaraan di area pelabuhan. Selain masyarakat yang balik dari kampung menuju Denpasar, juga sebagian masyarakat yang akan berlibur di Bali. Peningkatan arus kendaraan ke Bali dimulai terjadi pada hari Rabu 4 Mei 2022 kemarin.

Arus kendaraan yang masuk ke Bali yang diarahkan ke terminal dicek oleh petugas  Dukcapil Kabupeten Jembrana di backup oleh Satuan Polisi Pamong Praja serta Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana saat dikonfirmasi awak media via whatsapp mengatakan, pengecekan kendaraan yang turun dari kapal dipindahkan menuju Terminal Gilimanuk, hal tersebut untuk menghindari adanya kemacetan di areal pelabuhan. 

"Kita tidak mengadakan pengetatan akan tetapi kita hanya memaksimalkan arus kendaraan agar lancar keluar dari Pelabuhan Gilimanuk. Terkait pengecekan protokol kesehatan masih sama saat arus mudik," terangnya. Kamis (5/5/2022).

Sementara dari data ASDP Ketapan Gilimanuk per tanggal 4 Mei 2022, arus kendaraan yang masuk Bali mengalami peningkatan, untuk penumpang yang masuk Bali sebanyak 34.485 orang, untuk kendaraan roda dua sebanyak 2.764 unit, sedangkan untuk kendaraan roda empat sebanyak 4.602 unit, serta untuk kendaraan besar sebanyak 7.936 unit.

Menurut data diatas lonjakan arus kendaraan masuk ke Bali didominasi kendaraan besar truk maupun bus. Dikarenakan habus lebaran truk logistik mulai beroprasi dan masuk ke Bali. Sementara data untuk hari ini Kamis 5 Mei 2022 akan di akumulasi mulai pukul 20.00 wita nanti malam. (BB)