Fakultas Pertanian Unud Gelar Seminar Rutin Bulanan Konsentrasi Ilmu Penyakit Tumbuhan

  29 April 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Dalam rangka meningkatkan kemampuan mahasiswa khususnya di konsentrasi ilmu penyakit tumbuhan, pada Jumat, 22 April 2022 dilakukan seminar bulanan yang bertujuan memantau dan membantu mahasiswa yang semester VI khususnya. Saat itu mereka dituntut harus sudah mulai memikirkan penelitiannya untuk skripsi nanti atau bisa juga seminar bulanan ini bertujuan memecahkan masalah yang ada tentang penyakit tumbuhan di sekitar masyarakat yang nantinya bisa dipakai sebagai  penelitian untuk mahasiswa.

Pertemuan seminar bulanan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa konsentrasi penyakit tumbuhan antara lain Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya,SP., M.Agr, I Putu Sudiarta, SP.,MSi. Ph D, I Putu Wirya Suputra SP.,MP., M.Agr, Dr Trisna Agung Phabiola, SP,. MSi. Dalam pertemuan ini masing-masing dosen memberikan penawaran dan arahan tentang penelitiannya masing-masing  yang nantinya akan dilaksanakan oleh mahasiswa yang tertarik mengambil penelitiannya.

Dr.  Ngurah Alit Susanta Wirya., SP., M.Agr menjelaskan tentang penyakit blendok yang menyerang tanaman jeruk di Bali,  I Putu Sudiarta, SP., MSi.,Ph.D menjelaskan tentang Aschersonia dan minyak sereh untuk pengendalian hama dan penyakit. Dr Trisna Agung Phabiola., SP.,MSi menjelaskan tentang pengendalian virus pada tanaman strawbery dengan menggunakan PGPR.

Sementara itu  I  Putu Wirya Suputra lebih banyak menjelaskan tentang alat-alat dan kegunaannya yang ada di laboratorium penyakit tumbuhan yang bisa digunakan dalam penelitian nantinya, seperti PCR untuk identifikasi secara molekuler, elisa, timbangan elektrik, mikroskop, laminar flow, dan lain-lain. Untuk lebih tertibnya setiap mahasiswa diwajibkan membuat log book supaya lebih bisa memantau kegiatan masing-masing mahasiswa.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas947-Seminar-Rutin-Bulanan-Konsentrasi-Ilmu-Penyakit-Tumbuhan-Fakultas-Pertanian.html