Operasi Ketupat Agung 2022, Perubahan Arus Kendaraan Terjadi di Pelabuhan Gilimanuk

  29 April 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Situasi arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana Bali. Dimulainya Operasi Ketupat Agung 2022 di Pelabuhan Gilimanuk terjadi perubahan arus kendaraan. Dimana sebelum operasi arus kendaraan didominasi oleh kendaraan roda dua yang masuk ke Pelabuhan Gilimanuk, sehingga terjadi antrean panjang di pintu masuk pelabuhan.

Sedangkan untuk hari ini pantauan awak media, terlihat antrean panjang masih terlihat mulai dari depan Pasar Umum Gilimanuk, yang dipadati oleh kendaraan pribadi roda empat dimulai dari depan Pasar Umum Gilimanuk

Saat dikonfirmasi awak media Kasat Lantas Polres Jembrana AKP AAN Saputra R A mengatakan, dimulainya Operasi Ketupat Agung 2022 pada hari ini memang terlihat terjadi perubahan arus kendaraan. Dimana sebelumnya kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan roda dua.

"Dimulainya Operasi Ketupat Agung pada hari ini terlihat kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan roda empat, hal tersebut sesuai himbauan bapak Kapolri disarankan agar pemudik tidak mempergunakan sepeda motor agar menghindari kecelakaan dijalan seperti mengantuk dikarenakan kelelahan," terangnya.

Pihaknya sebelumnya sudah melakukan sosialisasi terkait himbauan dsri bapak Kapolri yang menghimbau masyarakat tidak mempergunakan sepeda motor untuk mudik. "Itu demi keselamatan bersama dan menghindari terjadi kecelakaan dijalan raya," ujarnya. Jumat (29/4/2022).

Terkait pengalihan arus kendaraan roda empat, lanjut AAN, untuk kendaraan roda empat pribadi dari jalan besar diarahkan menuju manuver Pelabuhan Gilimanuk, sementara untuk kendaraan besar seperti truk dan bus, dari jalan besar diarahakn langsung menuju LCM di Pos II Pelabuhan Gilimanuk.

Sementara Manager ASDP Pelabuhan Gilimanuk Djumadi mengatakan, hari ini terjadi perubahan situasi arus kendaraan, dimana sebelumnya kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan roda dua. "Untuk hari ini kendaraan yang mendominasi adalah kendaraan roda empat.

Sesuai data diterima pada hari Kamis 28 April 2022 mulai dariuluk 08.00 wita sampai 20.00 wita. Untuk arus penumpang keseluruhan sebanyak 21,912 orang. Sedangkan untuk kendaraan roda dua mencapai 4,214 unit, untuk kendaraan roda empat pribadi sebanyak 2,412 unit, sedangkan untuk kendaraan roda empat besar sebanyak 602.

"Sementara untuk arus kendaraan yang dari Pelabuhan Ketapang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, untuk roda 2 mencapai 210 unit, sedangkan untuk roda empat mengalami sedikit penurunan dari hari sebelumnya mencapai 1,229 unit, untuk kendaraan besar sebanyak 515 unit. Untuk data hari ini akan dihitung mulai pukul 20.00 wita malam ini," pungkasnya. (BB)