Arus Mudik H-5 Terlihat Sepi, PPDN Belum Tervaksin Booster Dibalikan Untuk Mengikuti Rapid Antigen

Ket Poto: Situasi Pos I pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk terlihat sepi di malam hari pada hari Selasa 26 April 2022

Baliberkarya.com - Jembrana. Arus mudik tahun ini terlihat masih sepi di H-5 menjelang Hari Raya Lebaran kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Gilimanuk baik roda 2 maupun roda empat mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Terlihat disiang hari kendaraan yang mendominasi yaitu kendaraan roda dua, sedangkan di malam hari didominasi oleh kendaraan roda empat.

Pantauan awak media di Pelabuhan Gilimanuk pada hari Selasa (25/4/2022) malam harinya, situasi di Pos I Pemeriksaan tikat maupaun validasi surat vaksin terlihat sepi hanya beberapa kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Gilimanuk. Terlihat beberapa kendaraan roda dua dibalikan oleh petugas validasi dikarenakan belum tervaksin booster dan disuruh mengikuti rapid test antigen

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana saat dikonfirmasi awak media di Pelabuhan Gilimanuk mengatakan, sebelum diaktifkannya kantong parkir dikarenakan suasana arus mudik masih landai, masyarakat yang mau menyebrang belum tervaksin booster diarahkan untuk mengikuti rapid test antigen untuk syarat menyebrang ke Jawa.

"Hari ini kita buka kantong parkir yang berada di Area Kargo untuk mengantisipasi membeludaknya arus kendaraan di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk. Kami juga sudah menyediakan pos vaksinasi jika masyarakat yang mau mudik belum tervkasin booster kita vaksin di pos vaksinaso yang ada di kantong parkir Area Kargo," terangnya. Rabu (27/4/2022).

Sementara Manager ASDP Gilimanuk Djumadi mengatakan, suasana arus mudik kemarin dari pukul 08.00 wita sampai 20.00 wita, masih landai, kendaraan yang mendominasi disiang hari kendaraan roda dua sebanyak 2630 unit, sedangkan di malam hari yang mendominasi kendaraan roda empat sebanyak 1666 unit.

"Untuk di Pelabuhan Ketapang kendaraan yang akan menyebrang ke Bali terlihat sepi. Untuk kendaraan roda dua sebanyak 176 unit sedangkan kendaraan pribadi roda empat yang biasanya bertujuan liburan terlihat sepi dari tahun sebelumnya terlihat sebanyak 642 unit," ujarnya.

Dirinya memprediksi nanti malam untuk kendaraan logistik akan berkurang dari hari-hari sebelumnya. Dimana biasanya pada hari-hari sebelumnya kendaraan logistik sebanyak 764 unit.

Korsapel Pelabuhan Gilimanuk I Nyoman Sastrawan menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan dari pada penumpang, pihaknya sudah mempunyai kreteria yaiti pola-pola oprasi kapal, saat ini masih menggunakan pola yang normal. "Kalau memang krodit kalau kapalnya beroprasi tetap 28 unit atau nanti tripnya dinaikaan atau kostainnya kita kurangi," pungkasnya. (BB)

 


TAGS :

Komentar