Pembangunan PLTS Sistem On GRID Canopy Mounting Bangli Yang Pertama di Bali

  25 April 2022 EKONOMI Bangli

Ket poto: Penandatanganan kerjasama antara Pemkab Bangli dengan PDAM

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menghadiri Peletakan batu pertama atau Ground Breaking pembanguna PLTS sistem On Grid Canopy Mounting pembangunan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta  Kabupaten Bangli yang bertempat di sumber mata air pebini Desa Catur Kecamatan Kintamani.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bangli, perwakilan Camat Kintamani, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli, Perbekel Desa Catur, Daup dan Sukawana, dari 3 Konsursium dan masyarakat setempat, Senin, 25/04/2022.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan, Perumda Air Minum Tirta Danu Arta yang meiliki 4 pelayanan yang tersebar di 4 kecamatan. Pada operasionalnya sebagaian besar atau hampir sama menggunakan sarana perpompaan dengan beban biaya listrik hampir 700-800 juta perbulan, di asumsi lebih dari 40 ?ri pendapatan dipergunakan untuk pembangunan listrik PLN.

"Maka dari itu guna menekan biaya atau untuk efisiensi biaya maka kami telah melakukan kerjasama dengan PT. Agra Surya Energi (ASE), PT. Nusa Sinergi Mandiri (NSM), PT. Enirgi Surya Terpadu (EST) dengan Perumda air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli diawali dengan Penandatanganan MOU kerjasama yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2022 yang lalu yang dihadiri oleh pihak Konsursium. Dan hari ini dilaksanakan peletakan batu pertama atau ground Breaking pembangunan panel surya tahap pertama  di sumber mata air pebini desa Catur Kintamani," ungkapnya.

Pembangunan Panel Surya, lanjut Bupati Sedana Arta, kerjasama antara Perumda Air Minum Tirta Danu Arta dan dengan pihak konsursium diharapkan mampu menekankan sekaligus memberikan efisiensi biaya dalam pelayanan Perumda Air Bersih Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Kabupaten Bangli dan sekaligus merupakan penjabaran dari Peraturan Gubernur Nomor : 45 tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih.

Sementara Chief Executive dari PT Nusa Sinergi Mandiri  Pujatmanto Bastriadi mengatakan, teknologi pada prinsipnya semuanya sama hanya pada model kontruksinya. Jadi kontruksinya disini dibangun sesuai dengan tempat yang ada. Kalau yang paling simple itu dengan ground mounthing, dan di desa catur ini memakai sistem canopy. Canopy disini lebih tinggi dari yang umum atau yang tersedia dipasaran.

"Ini kita buat satu canopy custem dari rangka besi bukan hanya aluminium seperti yang banyak dijual, jadi kita buat rangka yang terbuat dari besi yang sudah juga diuji berdasarkan kekuatan kontruksi. Jadinya dia memiliki kemampuan untuk bertahan dalam jangka waktu 30 tahun. Pembangunan PLTS di desa catur ini dibuat lebih tinggi, karena ada permintaan dari masyarakat agar dibawah itu bisa digunakan untuk parkir, keperluan adat dan kegiatan lainnya. Maka dibuat satu desa ini lebih tinggi dari itu yakni 4,5 meter, 5 meter untuk bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan yang akan dilakukan dibawah canopy, sehingga ini yang menjadikan desa ini menjadi lebih rumit dan belum ada yang pernah berani melakukannya, karena kalau tidak dengan melakukan kajian yang betul-betul maka tidak akan ketemu hitung-hitungan komersilnya, jadi belum ada yang berani merealisasikan," terangnya

Dalam kesempatan ini pihaknya merasa bersyukur bahwa Perumda Danu Arta dan pemda Bangli pada khususnya itu sangat terbuka sehingga kami bisa menemukan satu perhitungan yang baik sehingga ini bisa direalisasikan. Kami konsorsium  sangat bersemangat untuk membantu Kabupaten Bangli didalam mengembangkan energi baru terbarukan khususnya PLTS maupun bidang-bidang yang lain atau energi-energi lainnya. Imbuhnya.

Ditempat yang sama, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, kegiatan ground breaking pembangunan PLTS sistem On Grid Canopy Mounting untuk perusahaan air minum di Kabupaten Bangli, dimana pembangunan PLTS ini dilakukan dengan pola kerjasama dengan pihak ke tiga yaitu dari 3 konsorsium yang sudah biasa menangani pola PLTS ini.

"Jadi ini salah satu bentuk daripada komitmen pemerintah daerah Kabupaten Bangli dalam melakukan inovasi-inovasi kaitan dengan energi baru, sesuai dengan semangat daripada peraturan gubernur. Hari inilah kita lakukan untuk pertama kalinya di Kabupaten Bangli. dan inilah untuk pertama kalinya PDAM melakukan kerjasama ini termasuk di kabupaten kota lainnya di Provinsi Bali belum ada," ujar Sedana Arta.

Dirinya berharap, mudah-mudahan melalui pola kerjasama energi baru terbarukan, yang jelas secara hitungannya juga akan lebih menghemat terhadap pos biaya listrik yang dibayarkan oleh PDAM selama ini dan bisa memberikan benavid yang cukup besar untuk pengembangan PDAM kedepan. "Kami berharap, melalui pola kerjasama ini akan terus dibangun di seluruh Kabupaten Bangli dan akan diperkirakan selesai projeknya sampai bulan Agustus 2022 ini," pungkasnya. (BB)